History of East Java Kendo Tournament

East Java Kendo Tournament (EJKT) atau Turnamen Kendo Jawa Timur yang ke 4 baru saja selesai dan hasilnya bisa dilihat di sini. Tidak ada salahnya bercerita tentang turnamen terbesar di jawa timur ini dan satu-satunya turnamen yang terbuka bagi seluruh kendo kenshin di Indonesia, baik warga negara asing juga, asal masih tetap satu affiliasi dan berlatih di dojo satu affiliasi IKA. Lalu bagaimana sejarah nya bisa berdiri East Java Kendo Tournament yang selalu diadakan setiap tahun ini ? Begini ceitanya :

Sekitar tahun 2009, waktu itu kendo di jawa timur belum sepopuler dengan anggota sebanyak sekarang. Dulu diawal berdirinya hanya ada dojo Kouryuu (Suroboyo Kenyuukai sekarang), Kendo Unitomo, dan Kendo ITS. Pada jaman itu hanya tiga dojo itu saja yang kendo nya terlihat aktif, sementara Malang Kendo masih baru terbentuk dan baru berdiri pada bulan januari dan anggotanya masih baru-baru. Berawal dari turnamen Yamaha Cup, dimana turnamen ini di sponsori oleh Masukata sensei  yang saat itu menjabat General Manager Yamaha Music se- Asia pasific (maaf jika jabatan salah), memunculkan ide dibentuknya turnament sesuai dengan nama perusahaan asal jepang tersebut. Turnament berjalan lancar tetapi tidak berkelanjutan di tahun-tahun berikutnya.

 

Seiring berjalannya waktu, mulai banyak dojo di jawa timur, tercetus lah ide untuk membuat Yamaha Cup lagi karena bertepatan juga dengan kunjungan sensei-sensei dari jakarta yang kesekian kali untuk ada grading (waktu itu belum masuk FIK). Dan lagi-lagi Masukata sensei siap menjadi donatur, tetapi tidak mau dengan nama Yamaha Cup. Setelah dirapatkan dengan dua dojo besar saat itu, Suroboyo Kenyuukai dan Malang Kendo Club, terbentuklah East Java Kendo Tournament pertama kali pada tahun 2012. Pada saat  itu peserta hanya internal saja, dojo-dojo di jawa timur semacam Malang dan Surabaya saja.

 

Dengan bertambahnya salah satu turnamen internal di jawa timur selain Malang kendo taikai dan Kouryuuki, ini membuat jam terbang para kenshin junior semakin bertambah. Lalu pada tahun berikutnya, mulailah di buka turnamen ini untuk nasional. Pada tahun 2013 atau EJKT ke 2, datanglah dojo dari Jakarta dan Jogja. Persaingan di turnamen ini semakin seru dan sengit dengan kedatangan kedua dojo tersebut. Begitu juga pada tahun 2014, EJKT ke 3, yang juga diikuti dari dojo Jogja dan akhirnya hingga saat ini. Kami berharap kedepanya bisa lebih banyak lagi dojo-dojo kendo di Indonesia yang bisa ambil bagian di turnamen terbesar di jawa timur ini dan bisa menjadikan salah satu turnamen yang wajib di ikuti setiap tahun nya.

Berikut ini ada beberapa dokumentasi tentang turnamen yang tadi saya ceritakan dari tahun ke tahun. 🙂

 

Yamaha Cup 2009
Yamaha Cup 2009

 

1st East Java Kendo Tournament 2012
1st East Java Kendo Tournament 2012

 

2nd East Java Kendo Tournament 2013
2nd East Java Kendo Tournament 2013

 

3rd East Java Kendo Tournament 2014
3rd East Java Kendo Tournament 2014

 

4th East Java Kendo Tournament 2015
4th East Java Kendo Tournament 2015

Artikel, Berita

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *