Mengenal berbagai senjata yang digunakan Samurai

Artikel Samurai Martial Arts
senjata samurai

Samurai adalah kelas kesatria dalam tatanan masyarakat Jepang feudal. Samurai sebagai seorang prajurit harus bisa menggunakan berbagai macam senjata dalam pertempuran. Apa sajakah senjata yang digunakan Samurai? Berikut diantaranya.

Busur / Yumi

senjata samurai busuh dan panah
Ilustrasi pertempuran Samurai pada Gempei War, abad ke-12 (pinterest)

Menurut sejarah, senjata utama samurai dulunya adalah busur dan panah. Pedang baru digunakan ketika pada pertempuran jarak pendek. Sejarah penggunaan busur dan panah ini berawal sejak abad ke-8.

Busur yang dipakai oleh Samurai berbeda dengan busur pada umumnya. Busur yang mengadopsi penggunaan Long Bow (Busur Panjang) dari China ini berbentuk asimetris. Ketika dipegang, bagian atas dan bawah tidak sama. Bentuk busurnya juga sangat panjang, melebihi tinggi samurai yang menggunakannya.

kyudo panahan samurai
Kyudo (wikipedia)

Dari penggunaan senjata ini melahirkan Budo (seni beladiri) Kyudo.

Yari / Tombak

tombak yari samurai

Pada era perang antar wilayah (sengoku jidai, atau dalam bahasa inggris diterjemahkan “era of warring states”) tombak adalah senjata andalan dalam pertempuran, disamping busur dan panah. Salah satu alas an tombak/yari menjadi andalan karena sangat efektif ketika melawan pasukan berkuda. Ada 2 tipe tombak yang umum digunakan, yang tipe runcing biasa, dan yang berbentuk seperti trisula yang juga bisa untuk menahan senjata lawan.

junkendo bayonet

Teknik pengunaan tombak ini disebut dengan Sojutsu, yang kemudian di dunia modern digabung dengan teknik bayonet dan melahirkan Jukendo.

Nodachi / Pedang Panjang

severn samurai nodachi
Salah satu ronin dalam film Seven Samurai membawa Nodachi

Nodachi (kadang disebut juga Odachi) adalah pedang tradisional jepang dengan panjang bilah lebih dari 90cm ke atas (belum termasuk gagang) dan seringkali bentuknya lebih melengkung dari katana pada umumnya. Panjangnya yang di atas rata-rata pedang normal membuat penggunaanya terbatas di luar ruangan, dan juga membutuhkan ketrampilan dan kekuatan ekstra dalam menggunakannya.

nodachi samurai

Naginata

benkei naginata
Benkei (membawa Naginata) dan Minamoto Yoshitsune

Naginata sepintas mirip kombinasi antara Nodachi dan Yari. Mata pedangnya melengkung, dan gagangnya panjang seperti tombak. Seperti halnya Yari, Naginata sangat efektif untuk melawan pasukan berkuda.

Naginata juga merupakan senjata khas para Sohei, atau biksu prajurit (dalam bahasa inggris : Warrior Monk). Salah satu Sohei yang terkenal dengan senajata ini adalah Musashibo Benkei, yang hidup di abad ke 12.

Pada masa Edo, ketika Jepang mengalami masa damai, Naginata mulai banyak dipraktekan oleh istri-istri samurai, sehingga Naginata menjadi identik dengan senjata para prajurit wanita.

naginata match

Dari senjata Naginata ini melahirkan teknik Naginata Jutsu, dan di jaman modern menjadi Naginatado (atau Naginata saja)

Kodachi / Pedang Pendek

kodachi samurai

Kodachi adalah pedang pendek dengan panjang sekitar 60cm. Kodachi lebih pendek dari Katana, tetapi lebih panjang dari wakizashi. Sejarah lahirnya kodachi barawal dari diperlukannya senjata untuk pertarungan dalam ruangan. Senjata ini tidak terlalu popular, dan dalam sejarah beladiri hanya sedikit aliran (ryuha) yang mengajarkan teknik Kodachi.

tankendo samurai

Dari teknik kodachi lahir beladiri modern Tankendo

Jo / Tongkat Pendek

jo musashis amurai gonnosuke

Jo mungkin bukan senjata popular di kalangan samurai. Tetapi ketika masa damai pada era keshogunan Tokugawa, dalam tatanan masyarakat jaman itu terdapat Samurai Polisi, yang tugasnya menjaga keamanan kota. Terutama yang sering terjadi adalah gangguan dari para Samurai atau ronin yang mabuk dan membuat keributan. Dengan Jo mereka bisa membela diri dan mengamankan para pengacau tanpa pertumpahan darah.

samurai jodo

Dari teknik penggunaan Jo ini melahirkan Jojutsu yang berkembang menjadi Jodo

Tanto

tanto samurai

Tanto secara harfiah berarti pedang pendek, namun lebih berfungsi sebagai pisau serba guna. Tanto seringkali tidak dipasang di pinggang seperti halnya Katana dan Wakizashi, tetapi disimpan di saku kimono. Tanto juga senjata yang sering dibawa oleh para wanita sebagai senjata ketika harus membela diri, atau menjaga kehormatan dengan bunuh diri.

aikido tanto
Aikido dan Tanto, (youtube.com)

Pada jaman modern ini, ada beberapa aliran / sekolah Aikido yang mengajarkan tenik Tanto, dan di Aikido secara umum juga banyak teknik melawan serangan yang menggunakan Tanto.

Wakizashi

wakizashi samurai

Wakizashi adalah pedang pendek yang biasanya mendampingi katana. Wakizashi disebut juga shoto, pedang pendek, dan Katana disebut pedang panjang, Daito. Pasangan Katana dan Wakizashi disebut sebagai Daisho.

samurai daisho wakizashi
Seorang Samurai membawa Daisho, Katana dan Wakizashi

Wakizashi selalu dibawa kemanapun seorang Samurai pergi, termasuk didalam ruangan yang mengharuskan dia melepas Katana. Wakizashi juga kadangkala dipakai seorang samurai untuk melakukan seppuku, ketika dia terpaksa melakukannya.

Katana

katana samurai

Senjata yang dianggap sebagai jiwa seorang Samurai. Katana menjadi simbol status Samurai karena tidak boleh dibawa atau digunakan oleh golongan selain Samurai.

battodo samurai
Battodo

Dari teknik penggunaan Katana, kemudian lahirlah teknik Kenjutsu atau ilmu pedang, yang kemudian berkembang menjadi beberapa beladiri modern diataranya: Kendo, Battodo, dan Iaido.

Selain yang disebutkan diatas, mungkin ada beberapa senjata khusus seperti shuriken, kusarigama dan lain-lain. Tetapi senjata-senjata tersebut tidak terlalu umum dan teknik serta penggunaanya terbatas.

Nah demikianlah senjata-senjata yang dipakai oleh samurai. Kalau ada tanggapan, pertanyaan, atau koreksi silakan di share di kolom komentar ya.

Sun

Kendoka, Malang, Jawa Timur, Indonesia

http://www.kendo.web.id

2 thoughts on “Mengenal berbagai senjata yang digunakan Samurai

  1. waaah ada busur juga yaaa ternyata
    saya baru tau kak… saya kira cuma katana aja. karena jarang yg menceritakan samurai pakai busur….
    infonya menarik sekali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *