Koryuki 2022, Turnamen Kendo Surabaya

Berita
Koryuki 2022

Setelah sekitar 3 tahun vakum karena pandemi, akhirnya Koryuki 2022 dilaksanakan di Surabaya Japanese School, Minggu, 30 Oktober 2022.

Peserta yang ikut lumayan banyak, total sekitar 50 peserta, dari 2 organisasi regional, yaitu Malang Kendo Association dan Surabaya Kendo Association.

Kategori yang dipertandingan adalah : Shinai Division, Men Individual, Women Individual, dan Team Match.

Karena ini adalah turnamen internal yang bertujuan untuk memperkenalkan junior akan atmosfer kompetisi, semua anggota senior yang sudah mempunyai tingkat DAN dilarang ikut.

Jalannya pertandingan

Shinai Division merupakan divisi baru, yang mengadopsi sistem kompetisi Iaido, dimana 2 orang peserta memperagakan gerakan dasar, yang kemudian akan dipilih oleh shinpan (juri) siapa dari 2 peserta tersebut yang lebih baik gerakannya. Kali ini yang menjadi juara adalah Ruby, yang masih berstatus pelajar SD.

Pada kategori Woman, hanya ada 5 peserta sehingga dibuat sistem Round-Robin, dimana semua peserta dipertemukan dengan sesama peserta lain, kemudian dari hasil pertandingan-pertandingan tersebut direkap siapa yang menang paling banyak. Merry dari Malang Kendo Association memenangkan medali emas, yang menjadi penghibur bagi MKA karena di kategori MEN Division tidak membawa pulang nomer.

Kategori Men cukup seru, dengan jumlah peserta sekitar 20 orang. Dengan sistem MIX, yaitu round-robin dilanjut kompetisi (sistem gugur), keluar di semi final para senior yang seharusnya sudah memegang tingkatan DAN namun karena belum ujian, sehingga mereka diwajibkan turun di Koryuki kali ini.

Final Men Division mempertemukan Indra vs Arief dari Surabaya Kendo, yang sama-sama senior secara umur dan pengalaman. Akhirnya Indra mengalahkan Arief 2-0, membuktikan bahwa konsistensi latihan pasti memberikan hasil. “Latihan tidak bohong ya!”, Begitulah kata Sudo-sensei.

Sebagai pelengkap dilakukan juga team match, dengan team berjumlah 3 orang, dan diambil random dari semua peserta turnamen. Ada 8 team total, dan menggunakan sistem kompetisi.

Secara umum acara Koryuki 2022 berjalan sukses, apresiasi perlu diberikan kepada semua panitia, yang tahun ini di-emban oleh Kendo ITS.

Satu hal yang mungkin terasa sangat kurang, adalah ketidak hadiran Sudo-sensei yang selama ini selalu hadir dalam setiap acara Koryuki, dan juga dengan ketidak hadiran seorang Senpai senior, Dera, yang telah berpulang pada awal taun ini.

Berikut adalah hasil turnamen secara lengkap.

Women Division
Juara 1: Merry (Malang)
Juara 2 : Yully (Surabaya)
Juara 3 : Kireina (Surabaya)


Men Division
Juara 1: Indra (Surabaya)
Juara 2 : Arief S (Surabaya)
Juara 3 : Hafizh (Surabaya)
Team Division


Juara 1 : Tim F
Juara 2 : Tim D
Juara 3 : Tim B


Shinai Division
Juara 1 : Ruby
Juara 2: Andrew
Juara 3: Dani
The Best Fighting Spirit

  1. Fauzia (Surabaya)
  2. Dio (Malang)
  3. Aziz ( Surabaya)
  4. Pandu (Surabaya)

Shinai Awards
The Best Suriashi : Rubie (Surabaya)
The Best Fumikomi : Bagus (Surabaya)
The Best Kamae : Jack Aiden (Surabaya)

Video recap

Photo-photo

https://www.facebook.com/media/set/?vanity=shun.takahara&set=a.10159615137989843

Sun

Kendoka, Malang, Jawa Timur, Indonesia

http://www.kendo.web.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.