Event Kejuaran Kendo (yang batal karena covid-19)

Berita
kendo indonesia

Tak terasa sudah setahun lebih dunia dilanda pandemi covid-19. Seperti halnya banyak kegiatan lain, kegiatan Kendo pun banyak yang terpaksa di batalkan, sejak awal tahun 2020 hingga saat ini. Tentu bagi kita praktisi Kendo, hal ini cukup disayangkan, dan ada rasa rindu akan event-event Kendo, terutama Kejuaraan. Namun demi kesehatan dan keselamatan, Kendo bisa menunggu.

Untuk teman-teman yang belum lama ikut Kendo, atau baru mau bergabung dengan Kendo, mungkin sempat bertanya, event apa sajakah yang rutin dilakukan di Kendo, misal Kejuaraan apa sajakah yang bisa kita ikuti sebagai Kendoka Indonesia?

Berikut beberapa event rutin Kendo di Indonesia maupun dunia, yang kita bisa ikut sebagai Kendoka Indonesia.

1. Turnamen Koryuki di Surabaya

Yamaha Kendo Cup 2009

Koryuki adalah turnamen tertua di Jawa Timur dengan skala lokal. Hanya anggota Surabaya Kendo dan Malang Kendo yang berpartisipasi. Tujuan utama turnamen ini adalah untuk memperingati kelahiran dojo Surabaya Kendo, yang dulunya bernama Koryu, semasa masih menjadi unit kegiatan di Unitomo. Koryuki pertama dilaksanakan di Unitomo pada tahun 2008. Turnamen ini dilaksanakan setiap bulan Februari. Dan krn Covid-19 Koryuki 2021 terpaksa ditiadakan.

2. Malang Kendo Taikai di Malang

malang kendo tournament 2017

Malang Kendo Taikai (MKT) adalah turnamen lokal yang dilaksanakan untuk memperingati kelahiran Malang Kendo Association (MKA), yang dulunya bernama Malang Kendo Club. Event ini diselenggarakan pertama kali tahun 2012, biasanya di bulan Januari. Seperti hanya Koryuki, MKT 2021 pun ditiadakan karena pandemi.

3. East Java Kendo Tournament di Surabaya

East Java Kendo Tournament (EJKT) merupakan event nasional yang diselenggarakan oleh Kendo Jatim, yaitu gabungan Malang Kendo dan Surabaya Kendo. Pertama kali dilakukan di tahun 2012 di Surabaya Japanese School. Event ini diikuti oleh semua perwakilan Kendo di Indonesia, dan biasanya bersamaan dengan event Grading Examination. EJKT seharusnya dilangsukan setiap menjelang akhir tahun, dan karena pandemi EJKT 2020 dan 2021 ditiadakan.

4. Indonesia National Kendo Tournament

Indonesia National Kendo Tournament
Indonesia National Kendo Tournament

Sesuai namanya, ini adalah event resmi tahunan Indonesia Kendo, dan diikuti oleh semua organisasi Kendo di Indonesia. Biasanya dilaksanakan tiap tengah tahun, bersamaan dengan Grading Examination. INKT 2020 dan 2021 pun terpaksa ditiadakan karena pandemi covid-19.

5. Jak-Japan Matsuri Kendo Tournament di Jakarta

Jak-Japan Matsuri Kendo Tournament diselenggarakan sebagai rangkaian kegiatan Jak-Japan Matsuri, yang dilaksanakan di Jakarta sekitar bulan September. Event ini bersifat Open, dan biasanya diikuti oleh berbagai organisasi Kendo baik dari Indonesia maupun negara tetangga, termasuk dari Jepang.

6. ASEAN Kendo Tournament

timnas kendo indonesia pada asean kendo tournament 2016 bangkok

Asean Kendo Tournament (AKT) adalah event 3 tahunan yang diikuti oleh organisasi Kendo negara-negara ASEAN, dan diakui sebagai event resmi oleh Federasi International Kendo (FIK). AKT terakhir sebelum pandemi adalah yang ke 12 dan di selenggarakan di Jakarta pada tahun 2019. AKT berikutnya dijadwalkan untuk dilangsungkan di Singapura pata tahun 2022.

7. ASIAN HK Open

HK Open adalah turnamen yang bersifat terbuka dan bisa di ikuti oleh siapa saja tanpa harus membawa nama organisasi resmi Kendo. Dilakukan tiap tahun sekitar Februari. Dan sudah 2 tahun sejak 2020 HK open ditiadakan.

8. World Kendo Championship

indonesia kendo world kendo championship 16th japan

Event terbesar Kendo di dunia. Dilangsungkan setiap 3 tahun, dan pada tahun 2021 ini seharusnya dilakukan WKC yang ke 18 di Perancis, tetapi karena ada pandemi maka dibatalkan. WKC berikutnya masih belum diputuskan akan digelar di mana, dan tahun berapa. Hal ini karena situasi yang belum memungkinkan.

Selain itu juga kita biasanya mengadakan Grading Examination 2-3 kali setahun, dan juga sesekali ada turnamen lokal yang tidak terjadwal. Dan dalam rangka turnamen dan grading examination kita juga biasanya melakukan Gasshuku atau training camp, baik sebagai organisasi lokal maupun nasional.

Gasshuku Jatim 2014

Memang Kendo adalah olah raga yang sangat kompetitif dan banyak sekali event, dan dengan adanya covid-19 maka semua kegiatan tersebut terpaksa di tunda bahkan di batalkan. Semoga tahun 2022 nanti kondisi sudah normal dan event Kendo bisa dilakukan kembali.

Sun

Kendoka, Malang, Jawa Timur, Indonesia

http://www.kendo.web.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *