Ingin Kendo hadir di Kotamu?

Artikel Tips

Selama ini banyak sekali teman-teman yang komen dan kirim email ke webmaster menanyakan kapan dibuka dojo Kendo di Kota mereka.

Sebenarnya, membuka dojo baru bukanlah hal yang gampang, tapi juga bukan hal yang sulit.

Yang membuat tidak gampang adalah, mayoritas pelatih/senior adalah orang yang sudah bekerja. Sehingga punya ikatan dinas yang seringkali tidak memungkinkan untuk mereka bisa melatih di luar kota. Apalagi selama ini di Kendo kita selalu menghindari apa yang disebut komersilisasi Kendo. Alias, dibayar untuk Kendo. Kita semua non profit, dan melatih/berlatih hanya semata-mata karena hobby dan suka dengan Kendo.

Namun, kalau teman-teman yang berminat sekali untuk membuka dojo Kendo di Kota teman-teman, kita bisa buka sendiri, dengan sedikit persyaratan dan pengorbanan :).

Sebagai contoh saja:

1. Kendo Malang.
Kendo Malang berdiri setelah seorang teman dari Malang berlatih di Surabaya, kemudian setelah memakai bogu membuka dojo di Malang. Meskipun awalnya banyak dibantu oleh senior dari Surabaya, namun akhirnya Kendo Malang bisa berdiri sendiri seiring dengan banyaknya senior yang bermunculan kemudian hari.

2. Dojo Ciamis.
Awalnya juga kurang lebih sama.

Demikian, semoga bisa membantu menjawab rasa penasaran dari teman-teman semua. Dan semoga kita bisa bertemu dan beradu shinai suatu saat nanti. 🙂

Sun

Kendoka, Malang, Jawa Timur, Indonesia

http://www.kendo.web.id

15 thoughts on “Ingin Kendo hadir di Kotamu?

    1. Kendo Malang berdiri setelah seorang teman dari Malang berlatih di Surabaya, kemudian setelah memakai bogu membuka dojo di Malang.
      maksudnya setelah memakai bogu apa ya?
      disolo dimana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *