International Grading & 4th East Java Kendo Tournament 2015

Berita

Tanggal 14-15 November 2015 kemarin adalah hari yang menyenangkan bagi para kendo kenshin Surabaya dan Malang. Karena pada tanggal 14 November 2015 adalah kali pertama di jawa timur, Surabaya mengadakan ujian Internasional setelah ujian grading di Jakarta pada bulan agustus kemarin bertepatan dengan National Kendo Tournament. Selain itu, diadakannya lagi East Java Kendo Tournament ke 4 tahun 2015 yang merupakan angenda tahunan dan berskala nasional serta terbuka untuk warga negara asing yang tinggal di Indonesia untuk bisa mengikutinya. Pada kegiatan kali ini, banyak terjadi kejutan, melebihi harapan para sensei-tachi dan senpai-tachi yang melihat perkembangan pada murid dan kohai nya. Selain itu juga pada pertandingan EJKT tahun ini ada kelas women kyu class yang merupakan nomor pertandingan baru di turnamen yang pernah saya ikuti.

East Java Kendo Tournament 2015

Kegiatan dimulai pada tanggal 14 November jam 12 siang, dimana para peserta grading diwajibkan untuk daftar ulang untuk grading. Para peserta grading kali ini berasal dari Malang, Jogja, Jakarta, dan Surabaya, sebagai tuan rumah serta bertempat di SJS, Surabaya Japan School yang merupakan basecamp Suroboyo Kenyuukai, club kendo satu-satunya di Surabaya. Peserta pada grading ini untuk Kyu dan non-kyu ada 42 kenshin, bogu (kyu 3 – 1) 3 kenshin, dan kelas Dan ada 9 orang. Di dalam suhu kota Surabaya yang mencapai 38 derajat celcius itu, para peserta melakukan ujian grading pada jam 13.30 WIB. Dan akhirnya ujian selesai pada pukul 16.30 WIB dengan hasil yang sangat memuaskan. Untuk kelas Non kyu – 4 kyu, rata-rata para kenshin mendapatkan grade 4-3 kyu, dengan kyu terendah adalah 6-kyu dan tertinggi 2-kyu. Untuk kelas Bogu tertinggi adalah 1-kyu., sementara kelas Dan semua peserta lulus. Kegiatan di hari pertama di tutup dengan Godou keiko bersama dengan 8 sensei dari Jakarta dan 4 dari Surabaya. Sudah bisa di bayangkan bagaimana penuhnya dojo SJS saat itu. Tidak ada satu orang kenshin pun yang melepas men nya karena mereka benar-benar bersemangat dengan kedatangan para sensei meski udara sangat panas. Godou keiko berakhir pada pukul 17.30 WIB yang kemudian dilanjutkan dengan welcome party pada pukul 18.30 WIB.  Di saat welcome party inilah para sensei dan para kenshin bisa saling share dan saling kenal, karena itu pentingnya ada welcome party, relasi tidak terjalin hanya di tempat latihan saja, tetapi juga di luar.

HARI TURNAMEN.

Setelah melewati satu malam di kota Surabaya yang panas meski sudah tidur menggunakan kipas angin dan buka baju (hasyaaahh!!), tibalah di hari turnament tanggal 15 November. Para peserta berkumpul pada pukul 07.30 WIB untuk melakukan daftar ulang dan pemanasan sebelum turnamen sembari menunggu para sensei datang. Dan waktu sudah menunjukkan pukul 09.00 WIB, tanda turnament dimulai. Untuk peserta pada turnamen kali ini ada peningkatan meski saya tidak tahu berapa banyak, tetapi ini terlihat dari masing-masing kelas yang di pertandingkan. Pembukaan turnament kali ini dimulai dengan performance dari Ogawachi sensei dengan skill Iaido nya yang memukau para peserta, performance yang belum pernah saya lihat. Setelah performance, pertandingan segera di mulai di 2 court. Court 1 akan di pertandingkan kelas Men-kyu, dan di Court 2 adalah kelas Woman-kyu.

East Java Kendo Tournament 2015

Pertandingan berlangsung seru, mungkin karena mereka sama-sama masih baru dan masih butuh banyak jam terbang, jadi lumayan membuat para kenshin yang bermain di kelas Dan yang bisa dikatakan “mengerti” tentang shiai, sesekali berdecak kagum dengan stamina dan skill-skill para kohai. Entah apa yang ada di pikiran mereka, tapi memang di sinilah mental mereka bermain. Meski skill bagus tapi jika pada saat pertandingan, terkadang mental bisa down dan akhirnya skill tidak bisa keluar. Setelah pertandingan para junior, saatnya lah para senior berunjuk gigi. Dimana hal yang sama dialami para junior yang hanya bisa melongo melihat skill para senior mereka yang pastinya jam terbangnya lebih tinggi. Pada setiap pertandingan, seperti tidak ada habisnya teriakan semangat dan tepuk tangan dari para penonton saat itu.

Setelah pertandingan berjalan sekian lama, akhirnya pada kelas Woman kyu pada final mempertemukan Fildzah dari Kendo ITS, dan Derra dari Kendo Surabaya setelah masing-masing mengalahkan lawan mereka Puji dari Jogja dan Hera dari Assosiasi Kendo Malang yang tak lama kemudian memperbutkan tempat ketiga pada turnamen ini. Pada perebutan tempat ketiga ini dimenangkan oleh Hera dari Malang dengan poin kote dan men. Sementara di kelas Men-kyu yang mempunyai peserta terbanyak, pada final mempertemukan Kharis dari Malang dan Aloysius dari Surabaya. Dan di tempat ketiga di peroleh Harris dari Malang yang dikalahkan Kharis yang dari Malang juga. Untuk kelas Dan, dimana para kenshin pemegang DAN, baik itu cewe atau cowo bertanding, di final mempertemukan Erman dari Malang dan Yusuf dari Surabaya. Sementara tempat ketiga diperoleh Teddy dari Malang yang mengalahkan Noor Rofiq dari Jakarta dengan satu poin Men. Untuk team match yang diikuti oleh 9 team dengan 2 team dari Malang, 1 team dari Jogja dan Jakarta, serta 5 team dari Surabaya, mempertemukan sang juara bertahan, Malang Kendo dengan Jakarta Kendo. Untuk tempat ketiga di tempati oleh Surabaya Kendo D setelah mengalahkan sesama team dari Surabaya, yaitu Surabaya Kendo C.

PERTANDINGAN FINAL

Seperti di turnamen-turnamen nasional yang lain, Final match dilakukan pada akhir seluruh pertandingan, dan final kali ini dimulai dari Woman-kyu. Pertandingan di kelas ini berjalan sangat sengit, mempertemukan junior dan senior satu kota. Fildzah yang merupakan junior dan anggota kendo ITS berhasil membuat sang senior, Dera untuk memaksakan encho pada final match kali ini meski pada akhirnya Dera bisa menang dengan Men-ari nya. Berlanjut pada kelas Men-kyu yang mempertemukan dua kota, Malang dan Surabaya yang juga merupakan satu affiliasi kendo. Pada match kali ini Kharis yang lebih memiliki pengalaman bisa menang mudah dari pendatang baru Aloysius dari Surabaya dengan 2-0 melalui Men-ari nya. Pertandingan final ketiga, kelas DAN dimana sang anak muda, Yusuf Poenta dari Surabaya yang mampu mengalahkan dua senior sebelumnya Teddy dan Mokok, kini harus berhadapan dengan senior yang lain, Erman Ardie dari Malang. Erman melangkah ke final setelah mengalahkan Tesar pada perempat final dan Noor Rofiq pada semifinal. Pertandingan kelas Dan ini juga tidak kalah serunya sampai pertandingan dilanjutkan pada perpanjangan waktu, Encho. Dan hasil mengejutkan diperoleh oleh Yusuf Poenta yang berhasil mendapat poin Men pada saat itu. Sebuah aset yang bagus dan juga regenerasi dari dojo Surabaya.

Dan akhirnya pada pertandingan final terakhir, yang juga merupakan kelas bergengsi di turnamen ini adalah kelas team, yang mempertemukan juara bertahan 2 kali di turnamen yang sama ini dengan JKA yang dihuni banyak kenshin berpengalaman. MKA berhasil masuk ke final setelah mengalahkan SKA E pada penyisihan dan SKA D pada semifinal dengan poin tipis 5-4. Sementara JKA berhasil ke final setelah mengalahkan SKA A pada penyisihan dan SKA C pada semifinal. Pertandingan dimulai dengan kekalan 2 poin dari MKA setelah Teddy dikalahkan oleh Adhi W pada senpo dengan poin kote dan men. Berlanjut pada Jiho, lagi-lagi JKA mampu mendapatkan 1 poin dari Diola setelah mendapatkan poin Men dari Hera. Pada kelas chukken Erman dari MKA mampu menahan imbang 1-1 Negla dari tim JKA. Kedudukan menjadi 4-1 dan dilanjutkan dengan fukusho dimana MKA menurunkan Harris melawan Neni dari JKA yang dimenangkan oleh Neni dengan 1 poin Men. Dan pada laga pamungkas, taisho Sun dari MKA yang memenangkan pertandingan ini setelah berhadapan dengan Noor dari JKA dengan poin 2-1 dua kali Kote dan 1 Men dari Noor. Dengan hasil 6-3 untuk kemenangan JKA, MKA akhirnya harus merelakan gelar ketiganya terbang ke tim Jakarta.

Benar-benar hari yang penuh dengan semangat dan banyak ilmu yang di dapat hari itu. Setelah pengumuman pemenang dan sesi foto bersama, acara di tutup dengan Godou keiko yang kemudian dilanjutkan dengan makan bersama nasi padang… hehehehe….

Berikut ini pengumuman pemenang pada 4th East Java Kendo Tournament 2015.

Women Individual Kyu
1. Derra (SKA)
2. Fildzah (SKA)
3. Hera (MKA)

East Java Kendo Tournament 2015

Men Individual Kyu
1. Kharis (MKA)
2. Alo (SKA)
3. Harris (MKA)

East Java Kendo Tournament 2015

Individual Dan
1. Yusuf (SKA)
2. Erman (MKA)
3. Teddy (MKA)

East Java Kendo Tournament 2015

Team Match
1. JKA
2. MKA A
3. SKA D

East Java Kendo Tournament 2015

East Java Kendo Tournament 2015

Selamat buat para pemenang, buat yang lainnya tetap semangat karena perjalanan Kendo masih panjang \m/
Untuk lebih jelas pertandingan, bisa lihat di channel youtube AKMTV.

*JKA: Jakarta
SKA: Surabaya
MKA: Malang
YKA: Jogjakarta

Credit photo By Kendo Surabaya & Iman senpai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *