Jidaigeki – Film Bertema Jaman Samurai

Artikel Intermezo

Bagi yang suka film-film samurai, atau film bertema Jepang jaman dahulu, mungkin pernah mendengar istilah Jidaigeki. Namun apakah arti dari Jidaigeki yang sebenarnya?

Apa itu Jidaigeki?

Jidaigeki 時代劇, secara harfiah bisa berarti “era drama” atau “drama jaman”, yang merujuk kepada drama, film, video games, atau pertunjukan teater yang bersetting pada Jepang di masa lalu, utamanya di jaman Edo, ketika Jepang dibawah kepemimpinan Shogun Tokugawa (1603-1868).

Namun banyak juga jidaigeki yang bersetting pada jaman sebelum itu, misalnya di jaman Heian (abad ke 9-12) dan di tahun-tahun awal setelah restorasi Meiji. Seperti yang kita tahu, Restorasi Meiji adalah pengembalian kekuasan tertinggi di Jepang, dari sebelumnya yang dipegang oleh Shogun (keluarga Tokugawa) kembali kepada Kaisar, yang waktu itu adalah masa kekaisaran Meiji.

Jidaigeki bercerita tentang kehidupan dari para Samurai, petani, pengrajin, dan pedagang pada masa tersebut.

Jidaigeki juga seringkali diartikan dengan  Film Samurai, atau film bertemakan Samurai, yang sering disebut dengan Chambara. Tetapi sebenarnya film Samurai, atau Chambara adalah salah satu jenis dari Jidaigeki.

Jidaigeki mempunyai ciri khas, diantaranya Setting latar (lingkungan di masa dahulu), make up yang khas (potongan rambut, model pakaian dll),  bahasa dan logat dan jargon yang khas dan berbeda dengan bahasa jepang jaman sekarang, dan alur cerita yang cukup tipikal. Bagi kamu yang sering nonton film-film Jidaigeki mungkin lebih paham ya.

Karakter dan Film popular dari genre jidaigeki

Dari sekian banyak film bergenre Jidaigaki yang popular, sebagian besar adalah film-film klasik, yang diproduksi di antara tahun 1950-1990. Setelah lepas tahun 90-an sepertinya industry film Jepang kurang berminat untuk memproduksi film-film Jidaigeki. Namun film genre Jidaigeki ini tetap eksis, dengan beberapa sutradara kawakan yang memproduksinya.

Beberapa karakter dan judul film bergenre Jidaigeki yang popular di antaranya:

  • Zatoichi

Film zatoichi bercerita tentang seorang pengembara buta, yang berprofesi sebagai tukang pijat keliling. Tetapi ternyata dia juga seorang ahli dalam menggunakan pedang. Zatoichi berkelana mengelilingi negeri, dan banyak membantu kaum tertindas dan membantai para penjahat dengan kemampuan pedangnya.

Film Zatoichi dibuat dalam banyak sekuel dari tahun 1960-1980an dengan actor pemerannya, Katsu Shintaro. Dan sempat juga diproduksi pada tahun 2004 yang di sutradari dan di bintingai oleh actor kawakan Jepang, Kitano Takeshi.

  • Kozure Okami (Lone Wolf and the Cub)

Bercerita tentang Ogami Itto, seorang pengawal Shogun yang dituduh berkhianat oleh keluarga Yagyu. Ogami Itto yang mempunyai seorang anak kecil sementara istrinya terbunuh, kemudian berkelana sambil membawa anaknya untuk menghindari kejaran pasukan Shogun, sekaligus berusaha membuktikan bahwa tuduhan kepadanya itu tidak benar.

Film Kozure Okami atau Lone Wolf and The Cub dibuat dalam 6 sekuel, dan juga dibuat dalam sebuah serial TV yang sangat popular pada era 70-an. Sebelumnya Kozure Okami telah rilis dalam bentuk manga dan juga anime.

  • Nemuri Kyoshiro (Sleepy Kyoshiro)

Bercerita tentang Kyoshiro, seorang ahli pedang yang berkelana mengelilingi Jepang, dengan jurus andalannya Engetsu, atau tebasan bulan purnama.

Nemuri Kyoshiro diadatasi dari Novel, yang kemudian dibuat dalam versi manga dan juga puluhan judul film dan drama televisi, dari tahun 1950-an hingga 1980-an.

  • Miyamoto Musashi

Mungkin tidak ada tokoh dalam Jidaigeki yang lebih popular dari karakter ini. Ratusan film, drama televise, manga dan juga anime telah dibuat yang mengadaptasi tokoh non-fiksi ini. Sejak tahun 1950-an hingga saat ini, masih banyak kita temukan film dan serial televisi yang menceritakan kisah Miyamoto Musashi.

Salah satu film tentang Musashi yang paling popular adalah yang dibintangi oleh Mifune Toshiro, actor legendaries Jepang yang telah banyak mendapat penghargaan dari dunia internasional. Pada tahun 2003, Musashi juga diadaptasi dalam Taiga Drama yang tayang di NHK TV sebanyak 50 episode. Dan pada tahun 2014 juga dibuat drama pendeknya, yang dibuat dalam 2 episode oleh Asahi TV dan dibintangi actor popular, Kimura Takuya.

  • Sanjuro

Bagi para penggemar Aktor Mifune Toshiro dan Sutradara Kurosawa Akira, pasti kenal dengan tokoh ini. Seorang pengembara baik hati yang ahli menggunakan pedang, dan sering membantu orang yang ditemuinya di tengah pengembaraanya.

Sanjuro yang diperankan oleh Mifure Toshiro, tampil dalam 2 film karya Kurosawa Akira; Yojimbo (1961) dan Sanjuro (1962). Kemudian juga tampil dalam beberapa film lain diantaranya di sequel film Zatoichi, dan juga drama televisi bertema Samurai lainnya.

  • Tange Sazen

Bercerita tentang seorang Ronin bernama Tange Samanosuke, yang kehilangan tangan kanan dan mata kanannya karena dianggap berkhianat, dan ketika akan dieksekusi berhasil melarikan diri. Tange kemudian berkelana sebagai sorang pengembara dan mengalahkan banyak musuh dengan kemampuannya menggunakan satu tangan dalam bertarung.

  • Himura Kenshin

Siapa yang tak kenal karakter ini? Sempat popular di tahun 90an dalam versi manga dan anime, tahun 2000an dibuatlah juga live actionnya dengan actor idola anak muda, Satou Takeru. Film Himura Kenshin dibuat dalam 4 sequel, yang mana 3 sequel sudah dirilis, dan sequel terakhir akan dirilis tahun ini.

Setting Himura Kenshin berkisar antara awal tahun kekuasaan Meiji, dan juga sesekali flashback ke masa sebelum restorasi, yang melibatkan banyak tokoh terkenal dalam sejarah Jepang, diantaranya Shinsengumi.

  • Shinsengumi (arti harfiah : Pasukan yang baru dibentuk)

Shinsengumi adalah pasukan keamanan penjaga Kyoto pada akhir masa keshogunan Tokugawa. Mereka dibentuk untuk menjaga keamaan Kyoto yang makin mengkhawatirkan di masa krisis, dimana banyak terjadi kekacauan yang diakibatkan oleh banyaknya orang yang menentang pemerintahan Shogun.

Shinsengumi berisi para anak muda yang ahli pedang, sehingga mereka cukup ditakuti oleh lawan-lawan mereka.

Kisah Shinsengumi banyak diadaptasi dalam bentuk anime, manga, serial dan juga film. Salah satu serial yang paling popular adalah produksi NHK TV, dalam Taiga Drama mereka yang berdurasi 50 episode, dan tayang pada tahun 2004. Shinsengumi produksi NHK ini dibintangi oleh banyak actor muda dan popular, sehingga serial ini sangat popular di kalangan anak muda, baik di Jepang maupun di luar Jepang.

  • 47 Ronin

Kisah pembalasan dendam para Samurai (yang kemudian berstatus Ronin) dari klan Ako atas kematian tuan mereka, yang kemudian berakhir dengan tindakan seppuku (ritual bunuh diri dengan mengiris perut) ini sangat popular di Jepang. Sejak tahun 50an hingga saat ini, banyak manga, anime, serial dan film yang berkisah tentang para ronin ini. Salah satu yang cukup baru adalah adaptasi oleh Hollywood dengan actor Keane Reaves, meskipun tidak terlalu sukses.

Selain film-film dengan tokoh utama di atas, juga ada beberapa film bergenre Jidaigeki yang cukup terkenal, diantaranya film legendaries Seven Samurai dan beberapa film lain karya Sutradara Kurosawa Akira, dan juga trilogy film Samurai karya Sutradara Yoji Yamada, yang di rilis tahun 2000an. Juga ada actor legendary Chiba Shinichi yang membintangi banyak film Jidaigeki di tahun 80an akhir.

Jidaigeki saat ini

Seperti yang dibahas diatas, tahun-tahun ini, industry film Jepang kurang tertarik untuk memproduksi Jidaigeki, sehingga tidak banyak film genre Jidaigeki yang rilis di jaman sekarang. Tetapi untuk serial, NHK masih tetap konsisten dengan Taiga Drama nya, yang mengangkat kisah-kisah dari tokoh terkenal Jepang pada masa dahulu, seperti kisah hidup Sakamoto Ryoma, dan tokoh sejarah lain, terutama dari golongan Samurai.

Beberapa list Jidaigeki yang rilis di tahun 2000an, bisa dilihat di artikel ini.

Jidaigeki dalam versi non-film

Seperti yang telah kita bahas di atas, Jidaigeki mencakup film, video games, serial televise, dan juga pertunjukan teater yang bertama masa dahulu. Salah satu jidaigeki yang non film adalah video games.

Lain halnya dengan film bergenre Jidaigaki yang kurang booming, akhir-akhir ini justru banyak video games yang mengambil setting jaman Samurai, diantaranya yang terkenal saat ini adalah Ghost of Tsushima.

Pada tahun 2000-an juga ada beberapa games bergenre Jidaigeki yang cukup popular, diantaranya Bushido Blade, Samurai Warrior, Way of Samurai, dan juga game strategy Shogun Total War.

Sun

Kendoka, Malang, Jawa Timur, Indonesia

http://www.kendo.web.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *