Film Samurai terbaik di tahun 2000-2020

Intermezo Kendo Media Opini
best samurai movie 2000-2020

Kalau kita bicara tentang Film Samurai, atau yang dalam bahasa Jepang istilahnya Jidai-geki, bayangan pertama yang muncul mungkin film-film klasik seperti Lone Wolf and the Cub, Zatoichi, dan film-film yang rilis di tahun 60-80an, atau bahkan jauh sebelum itu. Misal saja, film Seven Samurai yang legendariss, dirilis tahun 1952. Memang masa-masa itu bisa dibilang masa booming-nya Jidai-geki.

Tapi ternyata dari tahun 2000 sampai 2020, banyak juga film-film samurai yang berkualitas. Mungkin tidak bisa mengalahkan sisi klasik dari film-film lama. Tetapi film-film samurai “modern” tersebut cukup menarik untuk ditonton.

Berikut adalah rekomendasi 13 film samurai di tahun 2000-2020 yang pernah ditonton admin. List berdasar tahun rilis.

1. Ame Agaru / After the Rain (1999)

Ok film ini di rilis sebelum tahun 2000 sih, tapi karena sudah mepet saya cantumkan juga ya. Hehe, nanggung.

Film ini bercerita tentang seorang Ronin (samurai tak bertuan) baik hati dan pemurah, yang mengembara bersama sang istri. Suatu ketika mereka terjebak di sebuah penginapan karena hujan yang turun terus menerus membuat sungai meluap dan mereka tidak bisa melanjutkan perjalanan.

Secara tidak sengaja sang Ronin berurusan dengan Samurai dari Klan setempat, dan sang Ronin berhasil memenangkan pertarungan. Hal ini menarik minat dari sang Daimyo (tuan yang punya klan) untuk mengundang sang Ronin ke istana dan menjadikannya pelatih bagi para samurai nya. Namun terjadi insiden yang tak terduga.

Film ini bergenre drama, tetapi adegan pertarungannya cukup bagus dan realistis.

Admin memberi rating film ini 8/10.

2. Tasogare Seibei / Twilight Samurai (2002)

Film ini bercerita tentang seorang Samurai bernama Seibei Iguchi, seorang Samurai kelas bawah yang miskin. Setelah istrinya meninggal, dia harus mengurusi 2 anaknya dan ibunya yang sudah tua dan pikun.

Karena kesibukannya mengurus kedua anaknya dan ibunya itu, Seibei selalu pulang dinas di saat senja, yang mana kebanyakan Samurai lain masih bertahan di Kastil atau bersantai dan minum di kedai. Jadi ingat kebiasaan salaryman di Jepang saat ini ya, hehe.

Karena pulang saat senja inilah, dia dijuluki Tasogare Seibei, alias Seibi si Senja. Dari julukan inilah kemudian judul film versi inggrisnya menjadi Twilight Samurai, Samurai Senja.

Hingga suatu ketika, Seibei harus mengesampingkan anak dan ibunya demi tugasnya sebagai seorang Samurai. Dan Seibei yang ahli menggunakan Kodachi (pedang pendek) sekali lagi harus mengunakan kemampuan bertarungnya.

Film ini juga bergenre drama, dengan adegan action yang cukup minim tapi realistis. Teknik Kodachi yang digunakan Seibei mirip sekali dengan teknik Tankendo.

tasogare seibei twilight samurai

Cerita yang diangkat juga unik, kehidupan personal seorang Samurai yang tidak biasa diangkat ke film.

Film ini juga berhasil meraih berbagai penghargaan, termasuk Japanese Academy Awards pada tahun 2002, dan mendapat nominasi oscar untuk film berbahasa asing pada tahun 2003.

Admin kasih rating film ini 9/10. Bukan karena actionnya, tapi karena cerita dan acting dari para pemainnya. Adminmemang mengidolakan Pak Hiroyuki Sanada, yang menjadi Ujio di film The Last Samurai. Tapi adegan actionnya juga ok.

3. Mibu Gishiden / When The Last Sword is Drawn (2003)

Film ini bersetting di akhir jaman Edo, ketika Shogun Tokugawa yang berkuasa mulia kehilangan pamor dan kekuatannya, dan muncul gerakan untuk mengembalikan Kaisar sebagai pemimpin tertinggi di Jepang.

Pada masa itu, Kyoto kacau dan pihak Shogun mendirikan Shinsengumi, pasukan khusus yang terdiri dari Ronin dan warga sipil untuk menjaga keamaan Kyoto.

Salah seorang anggota Shinsengumi, bernama Yoshimura Kaichiro, dulunya adalah seorang Samurai, yang karena kondisi ekonomi dia meninggalkan klan, dan bergabung dengan Shinsengumi agar bisa menghidupi keluarganya. Waktu itu daerahnya sedang kekeringan, dan klannya miskin sehingga banyak warga yang kelaparan.

Apa yang dilakukan oleh Yoshimura ini dianggap sebagai pengkhianatan oleh banyak Samurai, terutama teman-teman satu klannya. Hal ini juga membuat anaknya di bully oleh teman-temannya. Oleh teman sesama anggota Shinsengumi dia juga dianggap Samurai mata duitan, samurai bayaran. Semua itu demi keluarganya agar bisa tetap bertahan hidup.

mibu gishi den when the last sword is drawn movie

Ketika suasana Kyoto makin memanas, dan pecah perang antara pendukung Shogun dan pendukung Kaisar, Yoshimura harus membuktikan bahwa dia adalah seorang Samurai Sejati, dan terjun ke medan perang dengan berani.

Yang unik dari film ini adalah cara penyampaian plotnya menggunakan flash back. Alurmya loncat-loncat, sesuai cerita dari tiap karakter yang muncul. Salah satu tokoh yang bercerita adalah versi tua dari Saito Hajime, salah satu ketua Shinsengumi, yang setelah perang selesai dia menjadi seorang kepala polisi.

Film ini masih bergenre drama dengan action yang cukup banyak.

Admin kasih rating 8/10.

4 Zatoichi (2003)

zatoichi 2003 takeshi kitano
13 assassins film samurai movie

Ok ini bukan tentang Samurai, tapi tentang pengembara buta, si Zatoichi yang melegenda.

Zatoichi versi tahun 2003 ini dimainkan oleh Kitano Takeshi. Ya.. Pak Takeshi yang punya acara Banteng Takeshi. Selain menjadi pemeran utama, Pak Takeshi juga merangkap sebagai editor, penulis nakah dan sutradara. Waow. Emejing Pak Takeshi.

Ceritanya standar khas Zatoichi yang penuh pertarungan dan ceceran darah.

zatoichi 2003 takeshi kitano

Dia datang di sebuah desa, numpang tinggal, kemudian ada orang jahat, dan dia menolong orang dengan kemampuan pedangnya yang super duper wow.

Yang unik tentu karena dibuat di tahun 2000an. Serial Zatoichi sebelumnya berhenti di era 80an.

Adegan actionnya juga keren, untuk ukuran tahun 2003.

Admin kasi rating 7/10.

5. Kakushi Ken Oni no Tsume / The Hidden Blade (2004)

13 assassins film samurai movie

Ini adalah film kedua dari Samurai Trilogy nya pak Yamada Yoji. Film pertamanya adalah Tasogare Seibei / Twilight Samurai. Trilogy yang ingin dibuat oleh Pak Yamada memang bertema tentang Samurai dari sisi yang berbeda, yang lebih humanis, bukan sekedar dari sisi Samurai sang petarung yang tak kenal takut dan siap mati demi klan dan tuannya.

Film ini bersetting mirip dengan Mibugishiden. Saat itu Shogun sedang berusaha memodernisasi para samurai, setelah insiden dengan Captain Perry, dan Jepang dipaksa membuka pintunya untuk perdagangan dengan asing.

Film ini bercerita tentang seorang Samurai kelas bawah bernama Katagiri Munezo, yang karena kejadian yang menimpa ayahnya dia menjadi kurang dihargai di klannya.

Di sisi lain, Katagiri Munezo ini menyukai pembantunya yang sudah sejak kecil tinggal bersama keluarganya. Namun seorang Samurai harus menikah dengan sesama keluarga Samurai juga. Sehingga mereka tidak bisa bersatu.

Suatu ketika, dia diutus klannya untuk menghadapi seorang pemberontak, yang tak lain adalah sahabat sekaligus rivalnya dalam seni berpedang.

movie film hidden blade

Munezo kemudian menemui gurunya, untuk meminta nasihat agar bisa menang melawan sahabatnya tadi.

Bersamaan dengan itu, Jepang mulai kacau, dan peperangan sudah di depan mata.

Ok, genre masih drama, action minim, plot dan ide cerita bagus. Rating : 7/10.

6. Bushi no Ichibun / Love and Honor (2006)

movie film bushi no ichibun

Film ketiga dari Trilogy “Samurai juga Manusia” karya Pak Yamada Yoji.

Bercerita tentang seorang (lagi-lagi) Samurai kelas rendah, bernama Mimura Shinojo, yang kebetulan dimainkan oleh aktor terkenal Kimutaku aka Kimura Takuya.

Sebagai seorang Samurai, Mimura bertugas sebagai pencicip makanan Tuannya, kalau-kalau ada racun dan seterusnya. Hingga kebetulan suatu hari dia benar-benar makan makanan yang beracun dan menjadi buta.

Ok, tragis kan?

Dengan kondisi tersebut, dia harus mempertahankan harga dirinya dan keluarganya sebagai Samurai.

Cerita dan Action OK. Admin kasi rating 7/10.

7. 13 Assassins

13 assassins film samurai movie

Capek nonton drama yang bikin mewek dan desperate, film ini menyuguhkan action yang mengisi lebih dari 1/2 durasi film.

Bercerita tentang kekejaman seorang Daimyo atau Tuan dari sebuah klan yang masih kerabat Shogun Tokugawa. Daimyo ini besar kemungkinan akan menjadi Shogun berikutnya karena silsilah keluarganya.

Para pejabat Shogun pun khawatir kalau dia jadi Shogun beneran, dia bakal makin kejam dan membawa kehancuran.

Akhirnya diputuskan untuk menjalankan misi rahasia, membunuh si calon Shogun ini di tengah perjalanan dari daerah kekuasaan klannya ke istana Shogun di Edo. Yang jadi masalah, iring-iringan calon Shogun tersebut berjumlah lebih dari 200 orang Samurai.

Mision Impposible ini di emban oleh Shimada Shinzaemon, seorang samurai veteran yang sudah menunggu seumur hidup untuk menggunakan kemampuan. Shimada ini pun mengumpulkan beberapa orang Samurai yang bersedia membantunya. Termasuk nantinya ada seorang “barbar” yang bergabung, sehingga mereka berjumlah 13 orang.

13 assassins film samurai movie

13 orang vs 200 orang.

Dan pimpinan dari Samurai-samurai pengawal calon Shogun tersebut tak lain adalah sahabat lama pak Shimada. Sehingga mereka pun beradu taktik dan strategi.

13 assassins film samurai movie

Adegan pertarungan final dalam film ini mengingatkan admin akan film Seven Samurai, dimana 13 orang ini bertahan di dalam sebuah desa, dan mereka menggunakan berbagai rintangan dan jebakan untuk memecah belah pasukan lawan, kemudian membantai mereka sedikit demi sedikit. (Maaf kalau spoiler ya).

Full action, dengan koreografi yang lumayan. Admin kasi rating 8/10.

8 Harakiri (2011)

film movie harakiri samurai

Ini fim remake dari versi originalnya yang rilis tahun 1962.

Film yang cukup drama tapi juga cukup action. Plotnya cukup unik, dan kalau saya ceritakan nanti jadi spoiler. Silakan di tonton saja ya.

Admin kasi rating 7/10.

9. Ruroni Kenshin Trilogy (2012-2014)

kenshin himura movie

Siapa yang tak kenal nama Himura Kenshin? Ok admin memang sudah berumur ya jadi memang kisah Himura Kenshin ini sempat mengisi masa-masa remaja admin dulu. Waktu itu admin rajin minjam komiknya di perpustakaan, karena jarang nonton TV. Baru tahun 2000an akhir bisa menikmati Animenya. Jadi ketika dibuat versi “Live Actionnya”, girang bukan main.

Film Trilogy ini terdiri dari 3 film (ya iya lah namanya juga Trilogy ya), dan dirilis pada tahun 2012 -2014.

Secara umum versi Live Action ini memenuhi harapan sebagian besar penggembar Himura Kenshin. Pemilihan aktor dan aktrisnya OK, setting OK, action juga wow. Jadi admin kasi rating 8/10.

10. Bushi no Kondate / The Tale of Samurai Cooking (2013)

Samurai juru masak.

Ini serius.

Di masa keshogunan Tokugawa, yang Jepang relatif damai, Samurai memang berperan sebagai pegawai kastil/klan. Mengurusi keuangan, mendata kebutuhan kastil, belanja, dan juga masak. Juga menjaga keamanan dan ketertiban warga, dll. Kurang lebih kerjaannya mirip ART+PNS+tentara+polisi jaman sekarang.

Haru, seorang wanita yang sangat pintar memasak, menarik perhatian dari seorang samurai bermarga Funaki yang tugasnya adalah menjadi Koki di kastil. Tetapi anak sang Samurai Koki-yang bernama Funaki Yasunobu-adalah orang yang sangat tidak pandai dalam hal memasak, padahal dia nantinya akan menggantikan tugas ayahnya di kastil.

Haru kemudian dinikahkan dengan Yasunobu dengan harapan dia bisa mengajari suaminya memasak.

Hingga suatu saat Yasunobu harus menunjukan kemampuannya memasak dihadapan Tuannya dan juga utusan Shogun. Istrinya dengan segenap kemampuan berusaha membantu suaminya tersebut.

Cerita yang ringan tetapi menghibur. Genre Drama dengan sedikit action. Tetap dengan nuansa jaman Samurai yang kental.

Admin kasi rating 7/10.

11. Miyamoto Musashi (TV) (2014)

miyamoto musashi 2014 kimura takuya

Ini bukan film tetapi mini serial yang berjumlah 2 episode. Ditangkan di TV Asahi, Jepang.

Mengadaptasi dari Novel Yoshikawa Eiji, kisah Musashi ini berawal dari perang Sekigahara yang akan mengawali masa damai yang panjang di Jepang. Perang ini dimenangkan oleh pasukan Tokugawa, yang nantinya akan memimpin Jepang lebih dari 250 tahun.

miyamoto musashi kimura takuya

Sebagai anggota pasukan dari pihak yang kalah, Miyamoto Musashi menjadi buron. Bersama temannya, Matahachi, Musashi berjuang untuk bertahan hidup. Kemudian kisah berlanjut hingga Musashi menjadi Samurai tak terkalahkan, dan pada akhirnya harus bertemu dengan Sasaki Kojiro di pulau Ganryu.

musashi vs kojiro ganryu

Action nya sangat bagus buat admin ya, dan ternyata koreographernya adalah koreographer yang menggarap Trilogy Ruroni Kenshin.

Admin kasi rating 9/10. Karena Musashi adalah idola admin sejak dulu, hehe.

11. Blade of the Immortal (2017)

blade of the immortal movie

Full action, tentang seorang Ronin yang tidak bisa mati, mirip sama Deadpol. Dibintangi oleh Kimutaku. Plotnya cukup simple, silakan langsung ditonton saja ya. Cukup bagus dan menghibur.

Admin kasi rating 7/10.

12. Samurai Marathon (2019)

samurai marathon movie

Apalagi ini, Samurai lomba marathon?

Kisah ini konon setengah nyata tapi dengan bumbu. Dibintangi oleh Mas Sato Takeru, sang pemerang Kenshin.

Ceritanya unik, ada lucunya dan actionnya juga lumayan.

Admin kasi rating 7/10.

13. The Last Samurai (2003)

the last samurai movie

Kenapa Admin taruh di paling bawah, karena ini film Hollywood. Kayaknya semua orang pernah nonton film ini, jadi tidak usah dibahas disini ya.

Admin kasi skor 8/10, karena diantara semua film yang tercantum disini, hanya film ini yang bisa admin tonton di bioskop.

Oya ada film 47 Ronin yang dibintangi Pak Keanu si John Wick. Tapi admin say no ke film ini. Terlalu kecewa. Padahal 47 Ronon ini kisah yang sangat dihormati di Jepang, tetapi dibuat jadi aneh. Mending nonton film 47 Ronin versi Jepang, banyak yang lebih bagus.

Ok demikian 13 review film Samurai dari tahun 2000-2020 versi admin. Semoga bisa menambah informasi dan referensi.

Thanks for reading!

Sun

Kendoka, Malang, Jawa Timur, Indonesia

http://www.kendo.web.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *