Gendai Budo – Koryu Bujutsu, Do – Jutsu, Beladiri Modern vs Klasik

Artikel Opini

Bagi kita yang sedang atau pernah belajar beladiri Jepang, pasti pernah mendengar istilah Do – Jutsu, Budo – Bujutsu. Apa sih arti dari 2 pasang kata tersebut? Dan apakah perbedaanya?

Gendai Budo (現代武道) secara harfiah bisa diartikan jalan prajurit modern. Gendai Budo lebih sering di singkat dengan Budo saja, kadang disebut juga dengan Shinbudo( 新武道 – jalan prajurit baru), merujuk kepada seni beladiri Jepang yang terlahir setelah dihapuskannya kelas / kasta Samurai pada Restorasi Meiji (18. Beladiri yang termasuk ke dalam Gendai Budo biasanya menggunakan nama yang berakhiran dengan kata Do (道-Jalan). Contohnya Kendo, Judo, dan lain-lain.

kendo budo kenjutsu koryu

Sementara Ko-ryu Bujutsu (古流武術) atau disingkat Koryu (古流Sekolah/aliran lama /tua) atau Bujutsu (武術 teknik/ilmu prajurit), disebut juga dengan Kobudo (古武道 jalan prajurit lama/tua), adalah seni beladiri jepang yang terlahir sebelum penghapusan kelas samurai. Beladiri yang termasuk Koryu umumnya mempunyai nama yang berakhiran dengan Jutsu (術ilmu/teknik). Contohnya Kenjutsu, Jujutsu dan lain-lain.

katori shinto ryu koryu
Tenshin Shoden Katori Shinto-ryu Kenjutsu sebagai salah satu koryu yang masih exist sampais saat ini

Semua Gendai Budo mempunyai akar dari bentuk Koryu nya. Misal Kendo berakar dari Kenjutsu, Judo berakar dari Jujutsu, Jodo berakar dari Jojutsu, dan seterusnya.

Apa sajakah perbedaan Gendai Budo dan Koryu?

Sebagai bentuk modern dari akar Koryu-nya, Gendai Budo mempunyai cukup banyak perbedaan dari pada bentuk Koryunya, dengan salah satu tujuannya adalah mempertimbangkan sisi Keamanan dan keselamatan, karena hampir semua Budo ada bentuk kompetisinya, yang mana hal ini cukup jarang ada di dalam Koryu.

Berikut perbedaan Gendai Budo dan Koryu.

Perbedaan Nama Gendai Budo dan Koryu Bujutsu

Seperti di sebutkan di atas, beladiri yang termasuk dalam kategori Gendai Budo biasanya berakhiran dengan DO (道Jalan).

Sementara beladiri yang termasuk dalam kategori Koryu Bujutsu biasanya berakhiran dengan Jutsu (術Teknik).

Perbedaan nama ini terkait dengan tujuan dan prinsip utama dari Budo, yang lebih mengedepankan pengembangan mental dan spiritual, dari pada sisi teknik.

Perbedaan Filosofi Gendai Budo dan Koryu Bujutsu

Budo lebih memfokuskan diri pada pengembangan mental dan spiritual, dan penggunan dan penguasaan teknik adalah tujuan kedua.

Perbedaan Tradisi dan Syarat untuk menjadi seorang murid Gendai Budo dan Koryu Bujutsu

Pada Gendai Budo, hamper semua orang dari berbagai latar belakang bisa bergabung menjadi murid. Tetapi untuk Koryu Bujutsu biasanya ada proses seleksi dari Sensei atau Sesepuh perguruan. Dan juga banyak perguruan yang masih melakukan sumpah darah (keppan ), dimana untuk membuktikan keseriusan calon murid untuk belajar ilmu beladiri, harus mem-bubuhkan jap cari menggunakan darah dalam surat pernyataan untuk bergabung dengan beladiri tersebut.

Perbedaan Organisasi Gendai Budo dan Koryu Bujutsu

Gendai budo biasanya tergabung dalam satu organisasi nasional di Jepang dan kemudian juga mempunyai satu organisasi internasional sebagai wadah untuk menaungi organisasi nasional di Negara-negera selain Jepang. Contohnya adanya All Japan Kendo Federation sebagai organisasi nasional Kendo se-Jepang, dan Federasi International Kendo sebagai organisasi Internasionalnya.

Koryu Bujutsu biasanya masih berinduk ke Hombu Dojo atau dojo pusat, tergantung tiap ryuha (perguruannya), missal di Kenjutsu kita pernah dengar ada ryuha Katori Shinto Ryu, dan lain-lain.

Perbedaan Teknik Gendai Budo dan Koryu Bujutsu

Teknik Gendai Budo cenderung lebih di sederhanakan dan di seragamkan, yang mana awalnya dari berbagai aliran yang mempunyai teknik dan ciri khas yang berbeda dari tiap ryuha. Contohnya, di kenjutsu ada berbagai bentuk shomen suburi, kemudian di Kendo di sederhanakan menjadi satu bentuk yang baku.

Kemudian teknik dalam gendai budo juga di modifikasi dan di sesuaikan dengan mengutamakan factor keamanan, terutama untuk budo yang dikompetisikan. Misal di Kenjutsu banyak teknik yang dalam Kendo dilarang, seperti sapuan kaki, bantingan dll. Sementara di Kendo juga target yang diperbolehkan untuk diserang (valid point target) di sederhanakan menjadi bagian-bagian tubuh yang terlindungi oleh armor (bogu). Atau di Judo saat ini juga dihilangkan berbagai serangan yang sebenarnya umum diajarkan di Jujutsu. Dan lain sebagainya.

Perbedaan Tingkatan dalam Gendai Budo dan Koryu Bujutsu

Kalau Gendai Budo, kita mengenal istilah Kyu (untuk di bawah sabuk hitam / pemula) dan Dan (Sabuk Hitam keatas / mahir).

Tetapi dalam Koryu Bujutsu biasanya hanya ada serfitikat (Menkyo) bahwa murid yang bersangkutan telah lulus dari sekolah / perguruan bersangkutan.

Daftar Gendai Budo dan Akar Koryu-nya

Beberapa gendai budo yang popular antara lain adalah:

Nama Gendai BudoBerakar dari Koryu
Kendo (Jalan Pedang)Berbagai aliran (ryuha) Kenjutsu
JudoJujutsu
KyudoKyujutsu
BattodoBattojutsu – Kenjutsu
IaidoIaijutsu – Kenjutsu
JodoJojutsu
JukendoSojutsu (Tombak)
TankendoKenjutsu aliran pedang pendek
AikidoDaito Ryu Aikijujutsu
Naginata (Naginata Do)Naginata Jutsu – Kenjutsu

Sementara itu, Koryu Bujutsu juga masih eksis sampai saat ini, hanya saja keberadaanya sudah tidak terlalu dikenal masyarakat umum. Hanya orang tertentu yang masih menggeluti Koryu. Umumnya adalah orang-orang yang mempunyai ketertarikan yang tinggi dengan sejarah dan teknik bertarung para Samurai.

Salah satu Koryu yang paling populer adalah Tenshin Shoden Katori Shinto-ryu yang salah satu cabang ryuha-nya adalah Kenjutsu.

Berikut adalah list beberapa Koryu yang di salin dari wikipedia : Daftar Koryu

Nah begitulah kurang lebihnya perbedaan Gendai Budo dengan Koryu Bujutsu, yang bisa juga mewakili pertanyaan apakah bedanya penggunaan kata Do dan Jutsu dalam penamaaan beladiri Jepang.

Kalau ada pertanyaan atau masukan dan juga koreksi silakan ditambahkan di kolom komentar ya.

Referensi : wikipedia

Sun

Kendoka, Malang, Jawa Timur, Indonesia

http://www.kendo.web.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *