Tips Berlatih Kendo selama Bulan Puasa.

Artikel Opini Tips
tips berlatih kendo selama bulan puasa

Kendo bukan merupakan olahraga yang mudah, apalagi kita tahu sendiri bagaimana capek nya selama berlatih kendo. Bayangkan saja, kita harus melakukan gerakan-gerakan seperti shomen uchi, kirikaeshi, dll dengan menggunakan bogu. Buat hari diluar bulan puasa saja sudah menguras banyak tenaga, apalagi dalam bulan puasa…yah pastinya sangat berat. Mungkin ada beberapa dojo yang menerapkan perubahan jadwal latihan selama bulan puasa. Mungkin yang biasanya latihan pagi, diganti jadi sore hari menjelang berbuka atau mungkin diganti malam, sesudah berbuka. Tapi bagaimana dengan latihan yang tidak berubah? Nah, berikut tips belatih kendo selama bulan puasa dari penulis .

  • Saat sahur, perbanyak makan buah selain makan nasi tentunya. Karena buah mempunyai sari-sari makanan yang bisa bertahan cukup lama dalam tubuh.
  • Kurangi begadang. Mungkin yang biasa begadang atau tidur malam dalam rangka menunggu sahur, bisa diganti dengan tidur saja,karena dengan tidur, kita dapat menghemat energi yang dikeluarkan tubuh.
  • Bermain suggesti. Dalam hal ini jangan memikirkan perut yang keroncongan, tak ada tenaga,dll. Coba hilangkan pikiran haus,lelah,dan lapar…mungkin ini bisa membantu anda dalam berlatih.
  • Jangan berlatih dengan sepenuh tenaga. Ini dilakukan bukan karena mengajari hal yang tidak-tidak, tetapi cobalah untuk menghemat tenaga anda jika mungkin setelah berlatih masih ada aktifitas yang harus anda lakukan.

Ok, mungkin sekian tips belatih kendo selama bulan puasadari penulis. Jika kurang berkenan atau ada kata-kata yang salah, penulis mohon maaf. Sekali lagi, jangan buat puasa untuk dijadikan alas an untuk TIDAK berlatih. Jika ada tambahan, bisa ditambahkan di comment dibawah ini….terimakasih…^^

8 thoughts on “Tips Berlatih Kendo selama Bulan Puasa.

  1. Mantab Ted.

    Yg berat itu ga bs minum biasanya. Tp bs disiasati sama lthn menjelang brbuka. Jd kelar langsung bs minum kayak kmrn di GOR UB. Lebih mantep lg klo lthn malam (selepas tarawih), bisa dipuas2in.. hehe

  2. lebih mantafs lagi kalo dojonya dikasih ac, soalnya as we all know, adeuuuuh panasnya di dojo >. HAJJAAAAAR TEROOOSS sampek matek o.O

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *