Pembatalan Agenda Kendo Indonesia di tahun 2020 akibat Covid-19

Berita
indonesia kendo cancellation covid 19

Sehubungan dengan adanya wabah covid-19, yang berakibat terjadinya banyak pembatasan sosial, maka Indonesia Kendo Association telah mengumumkan untuk membatalkan semua agenda Kendo Indonesia di tahun 2020 ini.

Pertimbangan utama tentunya untuk mencegah penularan covid-19, yang mana sampai saat ini kita belum tahu kapan wabah ini selesai, dan hingga saat ini juga belum ditemukanya vaksin untuk virus ini.

Pengumuman pembatalan agenda tersebut disampaikan oleh Ketua Indonesia Kendo Association melalui email tertanggal 18 Juni 2020, dan juga grup resmi Indonesia Kendo Association di facebook.

pembatalan agenda Kendo Indonesia 2020

Agenda yang dibatalkan antara lain:

  • Indonesia National Kendo Tournament 2020
  • Tournament lain yang diikuti peserta berbagai daerah, diantaranya Jak-Japan Matsuri Kendo Taikai.
  • Grading Examination (biasanya tengah tahun di Jakarta dan menjelang Akhir tahun di Surabaya)
  • Training Camp / Gassuku. Hal ini berkenaan dengan World Kendo Championship ke 18 yang akan diselenggarakan tahun depan di Perancis. Event WKC sendiri belum ada informasi apakah tetap akan dilaksanakan sesuai jadwal ataupun dimundurkan.

Selain agenda Indonesia Kendo Association, Agenda tahunan Kendo Jawa Timur, terutama East Java Kendo Tournament tahun 2020, dan juga Gasshuku Kendo Jawa Timur 2020 yang biasanya digelar menjelang East Java Kendo Tournament, juga besar kemungkinan dibatalkan.

East Java Kendo Tournament adalah event tournament yang digelar Kendo Jatim namun diikuti oleh Kendoka seluruh Indonesia, yang tergabung dalam Indonesia Kendo Association, dan biasanya digelar berbarengan dengan Grading Examination yang dilaksanakan oleh Indonesia Kendo Association.

Tentu kabar ini cukup mengecewakan bagi sebagian anggota Kendo Indonesia, tetapi tentu saja sangat bisa dimaklumi mengingat kondisi Indonesia saat ini masih darurat Covid-19. Dan saat inipun di berbagai organisasi regional masih menunda kegiatan latihan di dojo, dan diganti dengan latihan sendiri dirumah masing-masing.

Mari kita sama-sama berdoa agar wabah ini segera usai, dan Indonesia, serta dunia bisa segera pulih dan kembali hidup dengan normal seperti sebelumnya.

Dan kita dukung upaya pemerintah dalam memberantas covid-19 ini dengan disiplin diri mengikuti dan menjalankan protokol kesehatan seperti pembatasan sosial, memakai masker, dan menjaga kebersihan diri dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun.

Stay safe, dan keep practicing Kendo at your home!

Sun

Kendoka, Malang, Jawa Timur, Indonesia

http://www.kendo.web.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *