Manfaat berlatih beladiri Kendo

Artikel Opini
manfaat belarih kendo

Berlatih Kendo ataupun beladiri lain mempunyai banyak sekali manfaat, baik secara kesehatan fisik, mental maupun sosial. Tentunya manfaat ini bisa didapatkan dengan berlatih secara tekun dan konsisten. Berikut ulasannya.

Manfaat berlatih beladiri Kendo dari sisi kesehatan

Bagi para praktisi beladiri Kendo, apalagi yang telah berlatih secara konsisten selama bertahun tahun, secara fisik pasti merasakan manfaat dari hasil latihan mereka, diantaranya adalah:

Menjaga kesehatan jantung

Beladiri Kendo termasuk olah raga yang menguras fisik, dan bisa memacu jantung bekerja lebih keras. Hal ini meningkatkan ketahanan dan kesehatan jantung.

Membantu pernapasan menjadi lebih sehat

Dengan berlatih beladiri Kendo, pernapasan kita terpacu untuk bekerja lebih keras, secara otomatis melatih pernapasan kita, dan secara bertahap membuat paru-paru lebih sehat. Bahkan banyak cerita dari orang-orang yang mempunyai penyakit asma menjadi sembuh setelah berlatih Kendo.

Meningkatkan massa dan kinerja otot

Tentunya ini sangat terlihat ya, orang yang rajin berolah raga pasti mempunyai massa otot yang berbeda dengan orang yang tidak berolah raga. Kinerja ototnya juga pasti lebih bagus / kuat.

Memperbaiki postur badan

Dengan berlatih beladiri Kendo, postur badan bisa menjadi lebih bagus, lebih tegap, dan juga bisa meningkatkan tinggi badan, terutama bagi Kendoka yang masih berada dalam masa pertumbuhan.

Meningkatkan fleksibilitas

Dalam latihan semua beladiri, stretching sangat penting dan selalu dilakukan tiap kali kita latihan. Hal ini membuat badan kita lebih fleksibel/lentur, sehingga mengurangi resiko cedera ketika beraktifitas fisik.

Mengurangi berat badan

Berlatih beladiri Kendo membakar banyak kalori, sehingga bagus untuk menurunkan berat badan (bagi yang over-weight).

Melatih refleks

Dalam latihan kita seringkali harus menghadapi serangan yang cepat dan tiba-tiba, sehingga refleks kita menjadi lebih terlatih. Hal ini juga terbawa dalam kehidupan kita sehari-hari.

Meningkatkan kesehatan secara umum

Dengan rajin berlatih beladiri Kendo, badan menjadi lebih sehat, bugar dan segar.

Manfaat berlatih beladiri Kendo dari sisi mental

kendo mengajarkan untuk menghormati orang lain

Berlatih beladiri Kendo secara konsisten dan serius juga memberi manfaat yang sangat bagus untuk mental kita. Diantaranya adalah

Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi

Ketangkasan, powerspeed, kekuatan, dan koordinasi sangat berkaitan dengan fungsi otak. Keseimbangan dan koordinasi antara pikiran dan gerakan tubuh dapat terlatih lewat gerakan-gerakan yang kita lakukan dalam latihan.

Meningkatkan kepercayaan diri dan keberanian

Kepercayaan diri seseorang dengan sendirinya akan terbentuk ketika dia merasa telah berhasil menguasai satu teknik. Di beladiri Kendo juga diwajibkan berteriak setiap kali menyerang, dan menyerang juga harus sungguh-sungguh. Apalagi dengan berlatih beladiri Kendo badan makin sehat dan bugar. Dengan demikian, akan menumbuhkan juga keberanian dalam diri. Hal ini juga membuat kita lebih percaya diri ketika bergaul dengan orang lain di luar Dojo.

Meningkatkan disiplin

Dengan berlatih beladiri Kendo kita dilatih untuk disiplin. Melawan kemalasan, latihan rutin dan teratur, adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan kedisiplinan. Sikap disiplin ini juga akan terbawa ke kehidupan sehari-hari.

Meningkatkan konsentrasi

Fokus! Itulah salah satu kunci utama dalam setiap aktifitas. Kalau tidak fokus,  akan sulit  untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Begitu juga halnya dalam bela diri Kendo. Dalam tiap sesi latihan seseorang harus fokus. Kalau lengah sedikit akan membahayakan diri sendiri atau lawan berlatih karena salah sasaran. Hal ini akan membantu kita untuk lebih fokus dalam kegiatan lain seperti dalam pekerjaan atau sekolah.

Mengurangi stres

Semua olahraga, termasuk bela diri Kendo, memang bisa untuk melepas stres. Olahraga yang dilakukan secara rutin dan teratur membuat darah mengalir lebih baik. Jantung memompa darah dengan baik, paru-paru bisa memompa oksigen dengan sempurna, dan membantu keluarnya endorfin. Dengan demikian, kondisi ini akan mengurangi stres seseorang.

kebijakan privasi kendo kita informasi kendo indonesia

Manfaat berlatih beladiri Kendo secara sosial

Olah raga beladiri Kendo adalah olahraga yang tidak bisa dilakukan secara mandiri. Kita berlatih bersama pasangan. Kendoka juga tergabung dalam satu dojo atau club, dan membuat kita harus terus berhubungan dengan orang lain. Hal mengembangkan kemampuan interaksi sosial.

Berikut ini adalah beberapa manfaat olahraga beladiri Kendo terhadap hubungan sosial :

Mengajarkan untuk menghargai orang lain

Kendo sangat mengedepankan sikap kesatria dan rendah hati. Kita dilatih untuk menghormati orang lain, termasuk lawan kita. Setiap kita memulai latihan ataupun pertandingan, selalu diawali dan diakhiri dengan saling menghormat. Kita juga diharuskan menghargai lawan dengan tidak boleh melakukan selebrasi ketika berhasil memperoleh poin. Hal ini akan membiasakan kita untuk bersikap sopan terhadap orang lain ketika berada di luar Dojo.

Menambah teman baru

Dengan berlatih beladiri Kendo kita menjadi anggota dari sebuah komunitas atau dojo, dan kita mendapat teman-teman baru dari berbagai background yang berbeda.

Mengenal budaya baru

Karena beladiri Kendo adalah olah raga dari Jepang, maka banyak istilah dan tradisi dari Jepang yang digunakan pada saat latihan. Hal ini membuat kita menjadi mengenal dan mempelajari budaya baru tersebut.

Meningkatkan hubungan ke seluruh dunia

Dengan kita bergabung menjadi seorang Kendoka, kita juga mengenal Kendoka dari negara lain melalui media sosial ataupun event-event Kendo Internasional seperti ASEAN Kendo Tournament ataupun World Kendo Championship. Sehingga hubungan kita lebih luas, dengan orang dari berbagai belahan dunia.

dengan kendo kita menambah teman baru dan mengenal dunia internasional

Sun

Kendoka, Malang, Jawa Timur, Indonesia

http://www.kendo.web.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *