Pengalaman Pribadi: Manfaat dan Pengalaman Ber-Kendo

Opini
pengalaman kendo indonesia world kendo championship japan

Selama 10 tahun terakhir cukup banyak manfaat dan pengalaman dari ber-Kendo yang admin rasakan. Sempat admin tulis secara detail di blog pribadi admin, tetapi di sini admin juga ingin berbagi secara ringkas.

Badan lebih sehat dan bugar

Normalnya berolah raga pasti membuat kita lebih sehat, peredaran darah menjadi lebih lancar, napas menjadi lebih panjang, tidak mudah capek, dan melatih otot.

Salah satu pengalaman berkaitan dengan ini, sewaktu admin donor darah, admin lebih cepat selesai dalam pengambilan darah disbanding orang lain yang start bersamaan dengan admin. Kata petugas PMI yang ambil darah sih karena mungkin jantung admin lebih sehat (lebih kuat memompa darah) karena rajin olah raga.

Lebih disiplin

Ini kembali ke tiap orang, tetapi sedikit banyak admin merasa menjadi bisa lebih disiplin setelah ikut Kendo. Mungkin tidak dalam semua hal tetapi jelas ada peningkatan disbanding sebelum ikut Kendo.

Lebih menghargai dan menghormati orang lain

Kendo mengajarkan kita untuk menghormati orang lain. Kita berlatih selalu diawali dengan menghormat. Menghormat ke Dojo, menghormat ke Sensei, menghormat ke teman latihan, bahkan juga ke lawan kita. Ketika kita bertandingpun kita dilarang untuk selebrasi, karena kita menghargai dan menghormati perasaan lawan.

Hal ini sedikit banyak terbawa ke dalam kehidupan kita sehari-hari, untuk menghargai orang lain, terlepas dari siapa dan status social mereka.

Lebih fokus, tahan banting, berani, pantang menyerah, dan sabar menghadapi masalah

Dengan kesabaran yang diperoleh dari latihan Kendo yang berat dan monoton, membuat admin merasa lebih sabar ketika menghadapai masalah, lebih tahan banting dan pantang menyerah dalam menghadapi masalah hidup 😀

Bertemu banyak orang baru

Banyak sekali teman admin saat ini yang admin kenal dari dunia Kendo, baik  teman di Malang, Jawa Timur, Nasional, dan juga teman-teman Kendo dari Negara lain. Admin juga jadi punya banyak kenalan orang Jepang (sensei Kendo dan juga orang Jepang lain yang sama-sama berlatih Kendo). Kalau kita sudah berkendo, status social orang menjadi sama. Saya selalu ingat jargon ini, “Kapan lagi bisa mukulin kepala direktur  kalau bukan di Kendo”. Hehe

Mempelajari budaya baru

Kendo adalah budaya Jepang. Otomatis dengan mempelajari Kendo kita jadi belajar budaya Jepang.  Dan juga budaya Negara lain missal ketika kita pergi ke Negara lain untuk Berkendo, atau ketika kita berinteraksi dengan teman dari Negara lain.

Jalan-jalan ke berbagai tempat di dunia

Karena Kendo, admin jadi sempat pergi ke berbagai tempat yang mungkin admin tidak sangka-sangka sebelumnya. Bahkan admin pertama kali naik pesawat juga dalam rangka Kendo, Hehe. Maklum kaum jelata. Pertama kali admin naik pesawat adalah dalam rangka Asean Kendo Tournament di Singapore tahun 2010. Karena Kendo juga admin jadi sempat jalan-jalan ke beberapa kota di Indonesia, meskipun sebagian besar biaya sendiri. Diantaranya dalam rangka degeiko (latihan di luar dojo),  turnamen Kendo, atau Gasshuku (Training Camp). Admin juga sempat ke Thailand pada event ASEAN Kendo Tournament di Bangkok tahun 2016.

indonesia kendo world kendo champioship japan 2015

Pengalaman paling berkesan admin terutama adalah ikut serta dalam kejuaran dunia World Kendo Championship di Jepang tahun 2015.

Ber Kendo, di Jepang, di Nippon Budokan, dan sempat kena gempa yang cukup besar ketika event berlangsung (dan banyak orang yang mengalami panic saat itu). Lengkap kan, hehe. Admin juga sempat menikmati Sushi di pasar Tsukiji yang terkenal itu, dan lagi-lagi sempat di guncang gempa juga saat makan sushi tersebut.

Tentu tiap orang punya pengalaman berbeda, dan merasakan manfaat yang bisa berbeda dengan orang lain. Tapi secara umum memang banyak sekali manfaat dan pengalaman yang bisa kita dapat dari Ber-kendo.

Kalau teman-teman ada yang mau menambahkan atau menceritakan pengalaman ber-kendo, silakan komen ya.

Sun

Kendoka, Malang, Jawa Timur, Indonesia

http://www.kendo.web.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *