Anime dan manga / komik tentang Kendo

Intermezo Kendo Media
anime manga komik kendo

Salah satu motivasi admin belajar Kendo adalah karena pernah menonton / membaca anime dan manga / komik tentang Kendo. Yang paling berkesan mungkin Boy Action, atau yang dalam versi bahasa Jepang berjudul “Ore wa Teppei”. Jangan-jangan ada teman pembaca yang demikian juga halnya? Hehe.

Selain itu ada beberapa manga dan anime bertema Kendo yang pernah admin tonton dan lumayan bagus. Diantaranya sebagai berikut:

Anime dan Manga: Ore Wa Teppei / Boy Action

anime manga komik kendo ore wa teppi boy action

Kalau ada orang yang suka anime atau manga / komik ini, ketahuan deh kalau sudah berumur, haha. Tapi memang dulu manga / komik ini popular sekali di Indonesia, setau admin ya. Kalau anime waktu itu tidak ada televisi di Indonesia yang menayangkannya. Tapi sekarang sudah bisa di tonton di youtube dengan gratis.

Ore wa Teppei / Boy Action bercerita tentang seorang anak bernama Teppei yang dibesarkan oleh ayahnya di gunung, karena sang ayah adalah seorang pencari harta karun. Teppei tumbuh sebagai seorang anak cenderung nakal dan urakan. Tetapi suatu hari dia secara tidak sengaja mengenal Kendo, dan ternyata dia mempunyai bakat yang luar biasa di Kendo. Hingga kemudian dia pun berkesempatan masuk SMA, yang merupakan pertama kali dia bersekolah. Biarpun secara akademis dia tertinggal, dan sifat urakannya masih tidak bisa hilang, berkat bakatnya di Kendo, Teppei menjadi pahlawan sekolah.

Manga / komik Ore wa Teppei pertama kali tayang di Jepang Agustus 1973 dan selesai April 1980. Masuk ke Indonesia melalui Gramedia (Elex Media Komputindo) di tahun 90an.

Versi E-book dari manga ini ada yang jual di marketplace. Tapi kalau mau cari yang gratis mungkin juga ada. Untuk hardcopy sepertinya sudah susah sekali dicari ya.

Untuk Anime bisa di cari di youtube dengan kata kunci “ore wa teppei English” dengan subtitle Bahasa Inggris. Kalau subs Bahasa Indonesia sepertinya tidak ada.

Admin baru baca manga/komiknya saja, belum sempat nonton animenya. Dan admin kasih rating untuk manga nya 9/10.

Anime dan Manga: Musashi No Ken

anime manga komik kendo musashi no ken

Musashi no Ken bercerita tentang Musashi Natsuki, seorang Kendoka yang sejak kecil memang sudah dikenalkan dengan Kendo oleh ayahnya. Plotnya mengalir sejak Musashi kecil, hingga dia beranjak remaja dan kemudian dewasa. Musashi berjuang untuk menjadi Kendoka terkuat di Jepang. Musashi (ditulis dengan kanji huruf 6-3-4 yang berbeda dengan kanji Musashi samurai legendaris) dan juga sempat belajar teknik 2 pedang khas Musashi Miyamoto.

Ceritanya bagus, dan konon juga menjadi banyak inspirasi generasi muda di Jepang untuk belajar dan menekuni Kendo.

Manga / komik dan anime ini sepertinya tidak pernah masuk ke Indonesia

Manga / komik Musashi no Ken bisa dicari di beberapa website ebook manga, dan animenya juga ada di youtube. Bisa di search dengan kata kunci “Musashi no Ken English”.

Admin kasi rating untuk manga dan anime ini 8/10.

Manga : Kaze no Tachibana / Draft of Citrus

anime manga komik kendo draft of citrus kaze no tachibana

Bercerita tentang Tachibana, seorang anak desa yang pindah ke kota untuk satu tujuan; menjadi Juara Kendo. Tachibana bergabung dengan klub Kendo SMA nya, dan bersama klub SMA nya tersebut Tachibana berjuang menjadi juara antar SMA se Jepang.

Manga / komik Kaze no Tachibana tergolong singkat. Hanya ada 5 jilid. Masuk ke Indonesia dengan judul Draft of Citrus (entah kenapa alasannya, admin juga kurang paham) pada tahun 2000an. Penerbitnya lagi-lagi elex media komputindo.

Karena cerita terlalu singkat, admin kasih rate 6/10.

Manga : Kensei Tsubame

anime manga komik kendo kensei tsubame

Yamagami Tatsuhiro, seorang juara dan master Kendo merasa bahwa Kendo di Jepang mulai melemah dan bila ini terus berlanjut akan membuat Kendo Jepang mati. Kemudian dia meminta seorang  nenek pemanggil roh, untuk memanggil roh samurai legendaris Miyamoto Musashi. Niatnya untuk meminta petunjuk.

Ternyata, roh yang datang tidak hanya roh Miyamoto Musashi, tetapi juga banyak roh samurai legendaris lain.  Nenek pemanggil roh tidak sanggup menahan roh mereka, semuanya terlepas dari segel dan bebas berkeliaran di bumi, tak ada yang tahu bagaimana wujud mereka dan apa yang akan mereka lakukan.

15 tahun pun berlalu. Suatu hari di pulau Ganryu, pulau tempat pertarungan antara Miyamoto Musashi dan Sasaki Kojiro, Kamoshita Tsubame seorang anak SMA sedang berjalan-jalan bersama temannya. Dia kemudian diganggu oleh sekelompok berandalan. Dalam perkelahian yang tidak seimbang Tsubame dihajar habis-habisan. Disaat Tsubame hampir pingsan, dia melihat sosok berwana putih, dan sosok tersebut merasukinya. Kemudian mendadak Tsubame menjadi sangat kuat, dan berhasil mengalahkan berandalan-berandalan yang menggangunya dengan menggunakan pedang kayu.

Tsubame kemudian masuk ke klub kendo sekolahnya, dan mengikuti pertandingan Kendo antar SMA. Di sinilah kemudian dia bertemu dengan kendoka-kendoka lain yang dirasuki roh samurai jago pedang lainnya.

Kensei Tsubame hadir di Indonesia melalui penerbit elex media komputindo, tetapi hanya 5 jilid. Menurut mangaupdates, manga ini harusnya ada ada 11 jilid.

Secara umum manga ini bagus, dari sisi cerita, gambar, maupun teknik Kendonya.

Karena admin hanya baca sampai jilid 5, admin kasih rating 7/10.

Anime dan Manga: Bamboo Blade

anime manga komik kendo bamboo blade

Kalau manga / komik dan anime sebelum-sebelumnya sudah “basi”, yang ini masih agak fresh.

Bamboo blade bercerita tentang seorang anak perempuan bernama Kawazoe Tamaki dan teman-temannya di klub Kendo sekolahnya yang berjuang untuk menjadi juara Kendo antar SMA.

Tamaki yang awalnya terpaksa ikut Kendo karena ayahnya adalah pemilik dojo Kendo, masuk ke klub Kendo sekolahnya karena dipaksa oleh pelatihnya, yang sedang kebingungan mencari anggota untuk tampil dalam kejuaran antar sekolah. Namun seiring dia berinteraksi dengan teman-temannya yang begitu serius berlatih Kendo, diapun perlahan-lahan menyukai Kendo.

Admin hanya nonton animenya, satu session. Anime bamboo blade ini ada 2 session.

Karena menurut admin anime ini agak feminin, dan kurang serius, hehe. Maka admin kasih rating 6/10.

Nah itu beberapa manga dan anime tentang Kendo yang admin tau dan pernah baca atau nonton. Semoga bisa menjadi referensi ya. Kalau ada teman yang mau menambahkan silakan tulis di kolom komentar.

Referensi

  1. review komik
  2. wikipedia ore wa teppei
  3. baka update manga

Sun

Kendoka, Malang, Jawa Timur, Indonesia

http://www.kendo.web.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *