Kendo dan Kenjutsu, apa bedanya?

Artikel Opini
kendo kenjutsu apa bedanya

Saya sering mendapat pertanyaan, apa sih perbedaan Kendo dan Kenjutsu? Bukankah sama-sama Beladiri dari Jepang dan mengunakan pedang / katana? Atau pertanyaan, nanti kalau sudah tinggi tingkat Kendo nya apakah akan diajari pakai pedang sungguhan?

Jawabannya bisa panjang kali lebar, tetapi secara simple bisa dijawab sebagai berikut:

Perbedaan dan Asal kata dan nama Kendo dan Kenjutsu

Kendo, berasal dari kata Ken dan Do. Ken berarti pedang, dan Do berarti jalan. Jadi Kendo bisa diartikan Jalan Pedang.

Kenjutsu, berasal dari kata Ken dan Jutsu. Ken berarti pedang, dan Jutsu berarti ilmu / teknik. Jadi Kenjutsu bisa diartikan Ilmu/Teknik Berpedang

Jadi bisa diartikan secara istilah, Kenjutsu itu ilmu Pedang secara teknis, sementara Kendo adalah bentuk ilmu berpedang secara filosofi. Kalau bisa diartikan secara bebas, Kendo lebih berfokus kepada pembentukan fisik dan karakter, dengan cara belatih pedang.

Perbedaan Teknik Kendo dan Kenjutsu

Kendo sangat mengutamakan keselamatan. Tekniknya dibuat lebih aman dan target serangan dibatasi hanya area tertentu, yaitu Kepala / MEN (dari atas telinga), Tangan/KOTE (antara siku – pergelangan), Perut/DO samping (dari pingang – bawah ketiak), dan Leher /Tsuki, tusukan ke bagian depan tenggorokan. Cara pukul juga dimodifikasi sehingga meminimalisir cedera.

Kenjutsu, sesuai namanya, memang ilmu berpedang, dengan tujuan menggunakan pedang untuk mengalahkan / membunuh lawan. Semua area badan lawan bisa diserang. Semakin kuat / fatal serangan tentu semakin bagus.

Perbedaan Alat latihan Kendo dan Kenjutsu

Kendo menggunakan Shinai / Pedang bambu sebagai senjata. Ada penggunakan Bokken/Bokuto (pedang kayu) tetapi bukan untuk memukul lawan, tetapi hanya digunakan untuk berlatih KATA, dan menu latihan khusus untuk melatih Kendoka bisa memahami prinsip dari Katana (melatih prinsip hasuji dll).

Kenjutsu berlatih menggunakan pedang kayu / pedang logam.

Kendoka, selama latihan berlangsung biasanya menggunakan armor / bogu. Dengan tujuan menjaga keamanan tentunya. Kendoka juga menggunakan baju/ seragamlatihan berupa Hakama (celana) dan Keikogi (baju atas).

Kenjutsu seringkali hanya berlatih menggunakan Keikogi dan Hakama. Adakalanya menggunakan armor tetapi jarang sekali, hanya ketika momen/menu khusus.

Perbedaan Menu latihan Kendo dan Kenjutsu

Kendo ketika berlatih, utamanya berpasangan, memukul target langsung ke lawan / partner. Karena senjata dan armor sudah dikondisikan aman buat kita saling pukul tanpa harus menahan tenaga. Jadi kalau kita lihat latihan kendo, pasti bersisik sekali. Banyak suara bak buk tok dok krak brak, dan juga suara teriakan dari para kendoka.

Kenjutsu seringkali berlatih KATA, yaitu rangkaian gerak, tanpa memukul langsung lawan. Kalau latihan berpasangan biasanya juga tetap tidak sampai kena ke badan lawan langsung. Karena kalau kena bisa cedera. Kenjutsu juga ada menu latihan Tameshigiri, yaitu memotong target menggunakan pedang tajam. Target yang dipakai biasanya berupa bambu atau tikar yang digulung.

Perbedaan pertandingan Kendo dan Kenjutsu

Pertandingan Kendo, kurang lebih seperti pertandingan beladiri lainnya. Saling serang 1 v 1. Yang serangannya masuk dapat poin.

Pertandingan Kenjutsu modernada yang mengadopsi dari Kendo menggunakan armor dan pedang bambu. Tetapi yang umum dan tradisional lebih sering menggunakan pedang kayu, tetapi tidak sampai kena ke badan lawan.

Perbedaan Tingkatan di Kendo dan Kenjutsu

Kendo menggunakan tingkatan sama dengan beladiri Jepang modern lainnya. dari Kyu (pemula, misal kalau di karate menggunakan sabuk berwarna) sampai Dan (expert, kalau di Karate menggunakan sabuk hitam). Hanya saja Kendo tidak menggunakan sabtuk. jadi kita tahu grade orang dari informasi yang bersangkutan / orang lain yang mengetahui.

Kenjutsu masih menggunakan tingkatan tradisional. Tiap aliran / Sekolah bisa berbeda.

Perbedaan Aliran / Sekolah (perguruan) Kendo dan Kenjutsu

Kendo di dunia hanya 1 aliran, dengan panduan / sumber teknik dari Federasi Kendo Jepang (All Japan Kendo Federation) dan Federasi Internasional Kendo (FIK).

Kenjutsu banyak sekali sekolah / aliran. Karena mereka kebanyakan masih memperatahankan silsiah perguruan sejak jaman dahulu. Misal aliran Tenshin Shoden Katori Shintoryu, Kage-ryu, dll

Kesimpulan

Kendo adalah bentuk modern dari Kenjutsu. Sesuai namanya, Kendo lebih berfokus pada jalan, yaitu filosofi dari ilmu pedang, yang diterapkan dalam olah raga kendo, dengan tujuan utama melatih fisik dan mental dari orang yang berlatih kendo tersebut.

Kenjutsu adalah ilmu pedang yang memang bertujuan mengalahkan lawan.

Perbedaan Do dan Jutsu ini juga bisa kita temukan di Aikido dan Aikijutsu, Judo dan Jujutsu, Iaido dan Iaijutsu. Kurang lebih sama, bentuk Do adalah yang lebih modern dan sederhana dari ilmu aslinya (jutsu).

Kemudian pertanyaan, apakah nanti Kendo juga diajari menggunakan pedang asli? Jawabannya tidak secara resmi. Tapi bisa saja kita kebetulan punya senior atau sensei yang mau mengajari.

Beberapa sensei memang ada yang berpendapat, bahwa Kendoka sebaiknya juga belajar Iaido, untuk menambah skill dan pemahaman tentang Kendo nya.

Nah, apakah itu Iaido, semoga bisa kita bahas di artikel selanjutnya.

Sun

Kendoka, Malang, Jawa Timur, Indonesia

http://www.kendo.web.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *