Profil Kendoka : Yuya Takenouchi sang juara termuda

Profil
Yuya Takenouchi
Yuya Takenouchi (sumber : tozando.com)

Yuya Takenouchi, adalah Juara All Japan Kendo Championship (Kejuaraan Nasional Kendo Jepang / AJKC) ke 62 pada tahun 2014. Dia mencetak rekor sebagai juara AJKC termuda pada usia 21 tahun, dalam 43 tahun terakhir. Sebelumnya AJKC pernah dimenangkan oleh peserta yang seumuran dengan dia pada tahun 1971.

Pada saat kejuaraan AJKC ke 62 berlangsung, Takenouchi masih berstatus sebagai mahasiswa di Tsukuba University. Dia mewakili perfektur Fukuoka.

Sejak masih berstatus siswa SMA, Takenouchi sudah memperlihatkan bakat dan kemampuan yang di atas rata-rata. Bersama team sekolahnya, yaitu SMA Ohori Fukuoka, dia memenangkan kejuaraan nasional Kendo antar SMA seluruh Jepang (Gyokuryuki) 2 tahun berturut-turut.

Kemudian setelah lulus, dia pun melanjutkan ke Tsukuba University, di mana kemampuan kendo nya makin diasah dan makin cemerlang. Hingga kemudian dia lolos mewakili Prefektur Fukuoka untuk maju ke All Japan Kendo Championship.

Mayoritas dari 64 Kendoka yang lolos ke putaran final AJKC (setelah melewati seleksi ketat di tiap Prefektur) adalah anggota kesatuan Kendo dari polisi Prefektur. Jadi di banyak Prefektur di Jepang, Kepolisian mempunyai kesatuan khusus yang misinya adalah memenangkan tiap kejuaraan Kendo, baik itu All Japan Kendo Championship, All Japan Police Championship, dan juga Tozai Kendo Tournament.

Kejuaraan Nasional Kendo Jepang ke 62 tahun 2014, 62th All Japan kendo Championship
Diagram Turnamen, angka di depan nama adalah usia peserta. Rata-rata peserta berusia antar 24-35 tahun. Sumber : kendo-fik.org

Status Mahasiswa, yang tentu secara umur dan pengalaman dibawah para peserta lain, membuat Takenouchi menjadi kuda hitam. Berumur 21 tahun dan menyandang gelar Dan 4, diantara para senior yang berumur lebih tua dan rata-rata Dan 6, tidak membuat dia surut semangatnya. Sebaliknya, dia secara meyakinkan lolos ke final, dan kemudian mengalahkan Rentaro Kunitomo, sesama dari prefektur Fukuoka, dan juga berumur relatif muda, 24 tahun.

Final AJKC 62 tahun 2014 Takenouchi melawan Kunitomo
Final AJKC 62 tahun 2014 Takenouchi melawan Kunitomo, sumber: kendo-fik.org

Setahun setelah memenangkan AJKC, Takenouchi juga tampil mewakili Jepang pada kejuaraan kendo sedunia, World Kendo Championship yang ke 16 di Tokyo Jepang, yang di gelar di Nippon Budokan, 29-31 Mei 2015. Pada event dunia tersebut, pada kelas Individual Takenouchi kalah di final melawan teman se tim-nya, Tadakatsu Amishiro. Takenouchi pun mendapat medali perak. Tetapi Takenouchi juga membantu Tim Jepang memperoleh medali emas setelah mengalahkan Korea Selatan di Final.

Tim Nasional Jepang pada WKC ke 16
Tim Jepang pada World Kendo Championship ke 16. Takenouchi paling kanan. Sumber: kendo-fik.org

Kemudian 3 tahun berikutnya, tahun 2018, pada event WKC yang ke 17 di Korea, Takenouchi juga mewakili Tim Nasional Jepang, namun di kelas Individual belum membawa nama, tetapi juga berkontribusi membawa Tim Jepang kembali menjadi juara dunia, lagi-lagi setelah mengalahkan Korea Selatan di Final.

Saat ini Yuya Takenouchi sudah berusia 27 tahun, dan bekerja sebagai anggota kepolisian di Tokyo Metropolitan Police.

Sun

Kendoka, Malang, Jawa Timur, Indonesia

http://www.kendo.web.id

1 thought on “Profil Kendoka : Yuya Takenouchi sang juara termuda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *