Suburi (latihan mengayun) dan Jenis-jenisnya

Artikel

Setiap akan memulai latihan, selalu ada sesi pemanasan yaitu suburi atau yang berarti mengayun. Dalam kendo, ada beberapa macam suburi, antara lain :

Katate-suburi(片手素振り)

Ini adalah suburi yang lumayan berat, karena kita harus memegang shinai dengan satu tangan, yaitu tangan kiri yang buat sebagain besar kenshin adalah tangan yang lemah. Katate-suburi ini berfungsi sebagai acuan kita dalam memukul lurus lawan dan juga melatih pergelangan tangan supaya lebih fleksibel dalam memukul. Selain itu membiasakan kita memakai tenaga tangan kiri dalam memukul.

Haya-suburi(速素振り)

Suburi satu ini biasa dilakukan pada akhir pemanasan. Suburi dengan melangkah secara cepat dengan pukulan shomen uchi ini juga berfungsi untuk menyelaraskan pukulan dan langkah kaki kita di posisi berjalan atau gerakan cepat. Terkadang gerakan suburi ini disebut choyaku-men.

 Chōyaku-suburi(跳躍素振り) atau Hayasuburi

Berbeda lagi dengan suburi ini, suburi satu ini mengharuskan kita meloncat sambil memukul shomen. Lumayan buat pegal juga sih, tapi ini untuk menyelaraskan pukulan dan loncatan kita agar sama.

 

Jōge-suburi(上下素振り)

Ada macam – macam suburi untuk membantu membuat fleksibel pergelangan tangan kita, salah satunya adalah joge suburi ini. Gerakan joge suburi adalah mengayun dari belakang sampai hampir menyentuh tanah, atau setinggi lutut kaki.

Naname-suburi(斜め素振り)

Ini adalah suburi dengan pukulan diagonal ke arah dou lawan, dan pukulan dimulai dari sebelah kiri.

Shōmen-suburi (正面素振り)

Kalau suburi satu ini sudah tidak asing lagi, ini adalah ayunan ke arah kepala atau men.

Senshin-kōtai-shōmen-suburi(前進後退正面素振り)

Ini adalah suburi yang sama dengan shomen suburi, tetapi dilakukan sambil melangkah ke depan, lalu kembali ke belakang.

 Sayū-men-suburi(左右面素振り)

Jika tadi katate suburi adalah untuk melatih tangan kiri, kini adalah suburi untuk melatih tangan kanan. Cara nya adalah dengan mengayunkan shinai ke kenan kiri dengan kekuatan tangan kanan kita.

Suburi ini biasanya dilakukan sebanyak 10 set sebelum memulai latihan atau bisa juga 100 kali ayunan setiap latihan, terutama untuk naname suburi dan haya suburi.  Naname suburi berguna juga untuk membantu kita memukul dou lawan, dan haya suburi untuk membantu menambah stamina kita dalam berlatih.

Seperti kata sensei, suburi ini sangat membantu perkembangan skill kendo kita, karena itu setiap kenshin diwajibkan melakukan suburi di rumah secara intens setiap hari.

Tertarik mencoba ? silahkan….. hehehe…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *